Breaking News:

Market Share Isuzu Naik Saat Pertumbuhan Kendaraan Niaga Menurun, Apa Rahasianya?

Segmen bisnis dan program-program menarik Isuzu membuat market share perusahaan otomotif ini naik di kala retail share turun.

DOK. Humas Isuzu
Market share Isuzu meningkat di masa pandemi di mana penjualan kendaraan niaga menurun. 

TRIBUN-JOGJA.com - Pandemi virus corona (Covid-19) yang belum reda menciptakan ketidakpastian pada ekonomi Indonesia.

Pemerintah pun mengoreksi prediksi pertumbuhan ekonomi dari 2,3 persen menjadi minus 0,4 persen hingga 1 persen pada akhir tahun 2020.

Kontraksi ekonomi tercermin dari lesunya kegiatan bisnis. Namun demikian, ada sejumlah sektor usaha yang justru bertumbuh, seperti bisnis e-commerce, bisnis penjualan makanan dan minuman, serta ekspedisi dan kurir.

Tumbuhnya sektor-sektor tersebut pun berimbas pada sektor lain, contohnya adalah otomotif.

Namun demikian, pasar kendaraan niaga masih cukup menjanjikan karena adanya pertumbuhan positif di sejumlah sektor bisnis pada saat pandemi, misalnya saja sektor logistik dan kurir.

Dari keterangan tertulisnya, Senin (27/7/2020), salah satu yang justru cukup bertahan adalah Isuzu.

Untuk sisi kendaraan niaga, berdasarkan data Gaikindo hingga Mei 2020, pertumbuhan pasar kendaraan komersial terkoreksi cukup dalam hingga 37,5 persen.

Jumlah penjualan retail sales per Mei 2020 mengalami penurunan pula. Untuk segmen medium pick up penjualan Isuzu Traga terkoreksi -9,6 persen, segmen Light Truck terkoreksi cukup dalam sebesar 29,8 persen.

Koreksi terdalam justru ada di segmen Medium Truck sebesar 45,4 persen. Meski demikian, dilihat dari sudut pandang perolehan market share, Isuzu justru meningkat.

Dimulai dari kelas medium pick up, Isuzu Traga yang meningkat 9,9 persen, di kelas Light Truck, Isuzu Elf naik 1,5 persen, dan di segmen medium truck, Isuzu Giga naik 3,6 persen.

Halaman
1234
Tags
Isuzu
Penulis: Inang Jalaludin Shofihara
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved