Breaking News:

Otomotif

Cek Kesehatan Motor Kesayangan Lewat Kondisi Busi 

Karena perannya yang sangat vital, Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta Danang Priyo Kumoro memaparkan bahwa kondisi elektroda di bag

Istimewa
Spark plug atau dikenal luas sebagai busi merupakan komponen penting yang ada dalam sistem pembakaran mesin sepeda motor Honda dan sepeda motor pada umumnya. Komponen ini berfungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh coil menjadi percikan api yang membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar mesin yang telah dikompresi. 

TRIBUNJOGJA.COM – Spark plug atau dikenal luas sebagai busi merupakan komponen penting yang ada dalam sistem pembakaran mesin sepeda motor Honda dan sepeda motor pada umumnya.

Komponen ini berfungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh coil menjadi percikan api yang membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar mesin yang telah dikompresi. 

Karena perannya yang sangat vital, Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta Danang Priyo Kumoro memaparkan bahwa kondisi elektroda di bagian kepala busi menggambarkan kondisi pembakaran di mesin sepeda motor Honda kesayangan.

Marka Pembatas Pengemudi Sepeda Motor di Kabupaten Bantul Mulai Dipatuhi Warga

Berikut ini kondisi elektroda beserta indikasi yang menyertainya, 

Kondisi elektroda berwarna Putih Pucat - Kondisi ini menunjukkan bahwa busi dalam keadaan terlalu panas.

Jika tidak segera ditangani, maka komponen mesin di ruang bakar akan lebih cepat rusak, bahan bakar menjadi lebih boros, dan akselerasi motor menurun.

Untuk menghindari kondisi ini, pastikan spesifikasi busi sesuai rekomendasi buku pedoman pemilik dan lakukan penggantian tipe busi dengan spesifikasi yang sesuai. 

Kondisi elektroda berwarna Hitam dan kotor – kondisi ini mengindikasikan adanya ketidakseimbangan campuran bahan bakar dan udara.

Kotoran atau lapisan karbon sisa pembakaran yang menempel dapat membuat mesin jadi sulit dihidupkan, putaran mesin tidak stabil, dan konsumsi bensin menjadi lebih boros. 

Kondisi elektroda berwarna Hitam dan kotor – kondisi ini mengindikasikan adanya ketidakseimbangan campuran bahan bakar dan udara. Kotoran atau lapisan karbon sisa pembakaran yang menempel dapat membuat mesin jadi sulit dihidupkan, putaran mesin tidak stabil, dan konsumsi bensin menjadi lebih boros.
Kondisi elektroda berwarna Hitam dan kotor – kondisi ini mengindikasikan adanya ketidakseimbangan campuran bahan bakar dan udara. Kotoran atau lapisan karbon sisa pembakaran yang menempel dapat membuat mesin jadi sulit dihidupkan, putaran mesin tidak stabil, dan konsumsi bensin menjadi lebih boros. (Istimewa)

Kondisi elektroda berwarna Hitam dan berlumur oli – kondisi ini bisa menjadi indikasi adanya kebocoran ring piston sehingga oli mesin yang masuk ke ruang bakar.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved