Bisnis

BI Sebut Daya Beli Turun sebagai Hal yang Wajar

Menurunnya daya beli masyarakat terhadap hewan kurban sebesar 20-30 persen, dijelaskan Deputi Direktur Bank Indonesia DIY Miyono menjadi suatu hal yan

TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Deputi Direktur Bank Indonesia DIY Miyono 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menurunnya daya beli masyarakat terhadap hewan kurban sebesar 20-30 persen, dijelaskan Deputi Direktur Bank Indonesia DIY Miyono menjadi suatu hal yang wajar di tengah pandemi seperti saat ini.

"Dalam kondisi Covid-19, daya beli turun. Dilihat dari sisi inflasi, kita senang-senang saja karena stabil harganya dan stabilnya tidak terlalu tinggi di kisaran Rp 40ribu per kilogram untuk sapi hidup. Ini terjangkau," ucapnya, dalam Jumpa Pers di Kepatihan, Jumat (24/7/2020).

Sementara, ia optimis dari hasil pantauan TPID DIY, untuk kebutuhan bahan pokok yang lain tidak ada gejolak harga.

Pun dengan urusan supply dan distribusi semua terpantau lancar dan tidak ada masalah.

Harga Minyak Goreng Curah di DIY Alami Peningkatan, Namun Daya Beli Beras Alami Penurunan

Terkait inflasi, Miyono mengatakan bahwa inflasi akumulatif dari awal tahun sampai Juni 2020 sebesar 0,79 persen.

Meski inflasi tidak melonjak, namun daya beli masyarakat tampak lesu meski pergerakan di bulan Juni kemarin untuk daya beli sudah menunjukkan kenaikan.

"Mudah-mudahan di Juli dan seterusnya indeks keyakinan masyarakat, penjualan retail trendnya meningkat. Kita pantau terus tiap bulannya," ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa diprediksi pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan minus 4 persen.

Namun Miyono mengatakan bahwa besaran tersebut tak seberapa dibandingkan dengan Singapura yang minus 40 persen dan Amerika Serikat sekitar minus 30 persen.

"Indonesia minus tapi Alhamdulillah masih 4. Kalau kita di triwulan tiga tidak segera bangkit, maka kita 2020 secara nasional bisa positif sudah bagus. Kuncinya menurut Presiden dan Kemenkeu di triwulan tiga," ungkapnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved