Bisnis

Produk Meitacraft Kebanjiran Orderan di Tengah Pandemi Covid-19

Merintis usaha kerajinan pot tanaman hias berawal dari keisengan Reza Candra Rahadian saat mengikuti pameran 17 Agustus 2019 di kampungnya.

TRIBUNJOGJA.COM / Sri Cahyani Putri Purwaningsih
Produk Meitacraft 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Merintis usaha kerajinan pot tanaman hias berawal dari keisengan Reza Candra Rahadian saat mengikuti pameran 17 Agustus 2019 di kampungnya.

"Pertama kali karena iseng dulu mendapat tugas pameran 17 Agustus dari Dasa Wisma di kampung. Setiap 10 rumah disuruh membuat usaha yang unik. Karena dulu banyak yang tidak datang dan membuat saya bingung. Kemudian adik saya mencarikan referensi melalui internet yaitu pot tanaman hias. Akhirnya saya memamerkan itu," jelas Reza, Pemilik Meitacraft di Jalan Pangeran Wirosobo, Wirosaban, Yogyakarta Kamis (23/7/2020).

Pertama kalinya Reza hanya menjual kerajinan pot tanaman hias ke tetangga sekitar kampung.

"Dulu dijual ke rumah-rumah tetangga di sekitar kampung sini. Kemudian mendapat orderan dari tetangga komplek perumahan sini. Dan mereka biasanya membeli 2-3 pot tanaman hias," kata Reza.

Bisnis Tanaman Hias di Kota Yogyakarta Mulai Menggeliat

Kemudian produk pot kerajinan tanaman hias tersebut mulai dipasarkan secara online melalui Facebook, Intagram hingga market place seperti Olx dan Shopee.

Melalui penjualan secara online tersebut, untuk pertama kalinya, Reza mendapatkan orderan dari Kudus sebanyak 100 pot tanaman hias.

Hingga sekarang ini, produk Meitacraft telah dipasarkan hingga Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Ia juga mengungkapkan banyak customer yang membeli pot tanaman hias menyesuaikan dengan motif yang diinginkan dan banyak yang memberikan masukan untuk menjual beserta tanamannya.

Dari masukan tersebut, ia mulai menjual pot beserta tanaman hiasnya.

Berkunjung ke Keboen Kita, Rekreasi Ala Penggemar Tanaman Hias

Halaman
123
Penulis: Sri Cahyani Putri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved