Bisnis

IKM Jadi Tulang Punggung Perekonomian Nasional

Peranan Industri Kecil dan Menengah (IKM) disebut cukup signifikan dalam menopang ekonomi kerakyatan nasional.

istimewa
Suasana pelatihan IKM serentak di Gunungkidul dan Sleman yang digelar dengan bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian. Pelatihan dilakukan selama empat hari (21-24 Juli 2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Peranan Industri Kecil dan Menengah (IKM) disebut cukup signifikan dalam menopang ekonomi kerakyatan nasional.

Terbukti, sektor tersebut mampu bertahan saat krisis ekonomi melanda pada 1998 dan pelambatan ekonomi pada 2008, 2012 dan 2015 lalu.

Dengan peran yang strategis dan tersebar di banyak daerah, IKM kini berkembang sebagai motor perekonomian daerah hingga nasional.

Hal itu dikemukakan anggota Komisi VI DPR RI F-NasDem, Subardi.

Kolektifitas dan Sinergitas jadi Kunci Dalam Menggeliatkan Kembali Sektor IKM di Kulon Progo  

Dia menyebut, kemajuan IKM harus dimulai dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.

Alasan ini lah yang mendorong Subardi menggelar pelatihan IKM serentak di Gunungkidul dan Sleman dengan bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian.

Pelatihan selama empat hari (21-24 Juli 2020) itu diikuti oleh para pelaku IKM dengan berbagai macam jenis usaha, diantaranya Olahan Ikan, Furniture Bambu, Konveksi, Elektronika dan Kosmetik.

"Mencetak wirausaha tangguh tidak bisa dilakukan dalam sekejap. Perlu pembinaan yang fokus kepada kualitas SDM-nya. Pelatihan ini adalah fase awal menuju masyarakat berbasis wirausaha," ujar Subardi dalam sambutan virtual sebelum bertolak ke Bandung dalam kunjungan spesifik Komisi VI, Selasa (21/7/2020).

BREAKING NEWS: Catat Rekor, 28 Kasus Baru Covid-19 di DIY

Pelatihan IKM diawali dengan tes cepat (Rapid Test) Covid-19 untuk memastikan seluruh peserta dalam keadaan sehat dan bebas virus Corona.

Materi pelatihan meliputi inovasi produk, digital marketing, dan akses pembiayaan.

Halaman
12
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved