Bisnis

Ekspor Turun 30 Persen, Industri Mebel DIY Bidik Peningkatan Pasar Domestik

Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan (Himki) DIY mencatat, dampak Pandemi Corona virus disease (covid-19) mengakibatkan terjadinya penurunan penjuala

TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Caretaker HIMKI DIY Bambang Wisnu ditemui di gedung Parasamya pemkab Bantul setelah audiensi dengan Bupati Bantul. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan (Himki) DIY mencatat, dampak Pandemi Corona virus disease (covid-19) mengakibatkan terjadinya penurunan penjualan produk mebel dan kerajinan cukup signifikan.

Baik di pasar domestik maupun ekspor. Bahkan, untuk pasar ekspor jika dirata-rata jumlah penurunan mencapai hingga 30 persen.

Caretaker Himki DIY, Bambang Wijaya mengungkapkan, meski mengalami penurunan penjualan hingga 30 persen, sejauh ini belum ada satupun anggotanya yang sampai mengalami kebangkrutan atau gulung tikar.

Hanya saja, sebagian pengusaha terpaksa melakukan efisiensi dengan cara merumahkan karyawan memakai sistem shift.

Agar tetap bisa bertahan, bahkan bisa kembali menggeliatkan penjualan di tengah pandemi, pihaknya mengaku terus melakukan pelbagai langkah dan terobosan.

lFMAC 2019 Siap Membawa Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia ke Standar Global 

Salah satunya, "Kami akan coba virtual market dan offline market," kata Bambang, ditemui setelah audiensi dengan Bupati Bantul, Rabu (22/7/2020).

Bambang menjelaskan, audiensi dengan Bupati Bantul, pihaknya ingin mengungkapkan keluh kesah yang selama ini dihadapi oleh para pengusaha ekspor.

Menurut dia, industri mebel dan kerajinan memiliki potensi yang sangat besar.

Akan tetapi terkendala oleh permodalan dan lahan.

Sebab itu, audiensi dengan Bupati supaya dapat support di perbankan sekaligus meminta izin untuk mengembangkan kawasan industri di Bantul.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved