Update Corona di DI Yogyakarta

UMKM dan Gig Worker Sumbang Rp 830 Miliar untuk Perekonomian DIY

Grab telah berkomitmen lebih dari Rp260 miliar untuk memerangi penyebaran Covid-19 dan menciptakan lebih dari 24 inisiatif baru.

grab.com
Grab 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics merilis studi yang dilakukan pada Januari 2020 di Kota Yogyakarta.

Riset ini menemukan bahwa gig economy yang didukung oleh teknologi Grab telah memberi dampak bagi ketahanan ekonomi di Yogyakarta.

Direktur Eksekutif Tenggara Strategics, Riyadi Suparno, mengungkapkan mitra Grab yang disurvei menyatakan bahwa Grab tidak hanya menawarkan peluang ekonomi yang lebih baik bagi pekerja informal, tetapi juga meningkatkan pertumbuhan bisnis kecil dan menciptakan lapangan pekerjaan di luar platform Grab.

Ia menjelaskan, mitra merchant GrabFood dan agen GrabKios Yogyakarta yang disurvei melihat peningkatan pendapatan hingga 35 persen menjadi Rp51,7 juta per bulan, sedangkan rata-rata pendapatan agen GrabKios Yogyakarta meningkat menjadi Rp9,6 juta per bulan sejak bergabung.

Sebanyak 32 persen mitra merchant GrabFood Yogyakarta juga mengaku tidak perlu penambahan modal untuk meningkatkan bisnisnya.

Peningkatan penghasilan yang sangat signifikan pun dirasakan oleh mitra pengemudi GrabCar dan GrabBike di Yogyakarta dengan peningkatan pendapatan hingga 70 persen menjadi Rp5,4 juta per bulan dan 142 persen menjadi Rp4 juta per bulan setelah bergabung dengan Grab.

Grab Hadirkan 6 Solusi Digitalisasi UMKM di DIY Agar Bisa #TerusUsaha

Teknologi Membuka Kesempatan Usaha

Di Yogyakarta riset tersebut menjelaskan 8 persen mitra merchant GrabFood Yogyakarta terinspirasi untuk memulai bisnisnya karena adanya GrabFood dan 11 persen mitra merchant menggunakan GrabFood saat pertama kali memulai bisnisnya.

Seiring dengan tumbuhnya bisnis mitra merchant GrabFood dan agen GrabKios, mereka juga menyerap tenaga kerja dari komunitas mereka.

Halaman
123
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved