Siasati Masa Pandemi Covid-19, Kelompok Akustik Nol KM Yogyakarta Gelar Konser Virtual

Siasati Masa Pandemi Covid-19, Kelompok Akustik Nol KM Yogyakarta Gelar Konser Virtual

Tribunjogja com/Yosef Leon Pinsker
Kelompok musik akustik nol km Yogyakarta sesaat sebelum tampil secara virtual pada akhir pekan lalu di our coffe Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sejumlah musisi jalanan di Yogyakarta menyelenggarakan konser virtual dalam menyiasati pandemi Covid-19.

Konser yang digelar pada akhir pekan lalu itu diharapkan menjadi titik balik kebangkitan para seniman dalam menghadapi wabah Covid-19.

"Pandemi Covid-19 seperti sekarang memang berdampak bagi semua tak terkecuali musisi jalanan.

Kita harapkan konser virtual ini bisa menjadi semangat bagi teman lainnya untuk tetap berkarya meskipun pandemi melanda," ujar Hilarion Manunggal, salah seorang panitia acara.

Dia menyebut, para musisi jalanan itu sebelumnya rutin menggelar konser di Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

Update Rating Drama Korea Terbaru Juli 2020, Its Okay to Not be Okay Bertahan di Peringkat Ketiga

Ramalan Zodiak Senin, 20 Juli 2020 : Leo, Sombong Adalah Cara Efektif Merusak Reputasi Anda!

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, otomatis kegiatan itu menjadi terhenti dan konser virtual menjadi pilihan terakhir agar para seniman dapat tetap berkarya.

"Sebelumnya beberapa kelompok musik juga telah mengadakan konser virtual lewat akun sosial media masing-masing, kali ini kita satukan. Masalah perizinan kan juga belum bisa karena ada kerumunan jadi kita pilih lewat konser secara virtual saja," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, sejumlah kelompok musik menampilkan beberapa karya musisi lain berbentuk kover lagu yang beken di era 1980-1990-an. 

Selain menampilkan sajian musik secara virtual, pengunjung juga bisa menikmati suasana musik di lokasi, namun dengan jumlah yang terbatas.

"Karena masih dalam masa pandemi ya jadi kita tidak mau ambil resiko. Singkatnya kita ingin tetap berkreasi dan tidak terhenti hanya karena pandemi ini," katanya.

Koordinator acara, Hanung menyebutkan, kelompok musik yang biasa tergabung dalam
Nol KM Kustik ini mesti memutar otak akibat pandemi Covid-19 yang belum kunjung mereda.

Meski secara emosi tidak sama saat menggelar konser secara langsung, Hanung mengatakan gelaran konser secara virtual adalah pilihan yang tepat di saat kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

"Secara emosi memang berbeda ya, kita tidak langsung bertatap muka dengan penonton otomatis rasanya menjadi agak beda. Tapi kita tetap berusaha semangat karena pandemi Covid-19 seperti sekarang ini memunculkan kreasi yang baru agar kita tetap terhubung dengan para penikmat musik," pungkasnya. (Tribunjogja/Yosef Leon Pinsker)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved