KPU DIY Pastikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Terapkan Protokol Kesehatan

Coklit pemutakhiran data pemilih Pilkada 2020 dilakukan secara door to door atau dari rumah ke rumah yang berlangsung pada 15 Juli - 13 Agustus 2020

TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, memastikan seluruh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 ketika melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit).

Coklit pemutakhiran data pemilih Pilkada 2020 dilakukan secara door to door atau dari rumah ke rumah yang berlangsung pada 15 Juli - 13 Agustus 2020.

"PPDP yang jumlahnya itu 6.612 orang itu semua melaksanakan protokol pencegahan penyebaran covid-19," katanya kepada Tribunjogja.com, Kamis (16/7/2020).

Hamdan mengungkapkan, PPDP yang jumlahnya sebanyak 6.612 orang tersebut tersebar di Sleman sebanyak 2.124 orang, Gunungkidul 1.907 orang dan Bantul sebanyak 2.081 orang.

Sebelum menjalankan tugas, seluruh PPDP tersebut sebelumnya juga telah dilakukan rapid test dan hasilnya non reaktif serta dalam keadaan sehat seluruhnya.

"Semua petugas itu di rapid, baru mulai bekerja. Kemudian yang kedua ketika mereka bekerja, itu sudah disiapkan alat pelindung diri (APD) dan harus digunakan pada saat melakukan coklit dari rumah ke rumah," kata dia.

Perlengkapan APD yang harus digunakan oleh PPDP pada saat melakukan coklit dari rumah ke rumah yakni masker, pelindung wajah atau faceshield, sarung tangan dan handsanitizer.

Para petugas pun juga diminta untuk menggunakan peralatan tulis pribadi, sehingga tidak bergantian.

"Tidak hanya rapid test, tidak hanya menggunakan APD, tapi protokol ketika bertemu dengan pemilih itu juga dijalankan, misalnya dengan menjaga jarak menggunakan alat tulis pribadi. Semua prosedur itu sudah dilakukan oleh PPDP," ujar dia. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved