Breaking News:

Yogyakarta

DPRD DIY : Jangan Sampai Warga Hanya Dapat Bising dan Macetnya Saja dari Tol Solo-Yogyakarta-Bawen

Proses pembangunan Tol Solo-Yogyakarta-Bawen turut menuai kritik dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Istimewa
Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Miftahul Huda

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Proses pembangunan Tol Solo-Yogyakarta-Bawen turut menuai kritik dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana menganggap, pembangunan tol harus sejalan dengan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Ia menegaskan, jangan sampai warga DIY hanya mendapat kemacetan dan kebisingan dari proyek strategis pemerintah pusat tersebut.

"Berlanjutnya proyek pembangunan jalan tol yang merupakan proyek nasional ini diharapkan bisa membantu secara signifikan recovery ekonomi," katanya, Kamis (9/7/2020).

Sultan Pastikan Pembebasan Lahan Tol Yogya-Solo Tidak Ada Perubahan

Ia mendesak kepada Pemerintah Daerah (Pemda) DIY agar selalu berkoordinasi dengan pelaksana proyek pemerintah tersebut, agar dapat sama-sama menguntungkan bagi masyarakat.

Ia juga meminta agar pengusaha lokal dan masyarakat sekitar ikut dilibatkan dalam proses pembangunan proyek tol tersebut.

Huda menegaskan, proyek strategis pemerintahan kali ini harus betul pengawasannya.

Perlu adanya transparansi dan perencanaan keuangan yang baik.

"Jangan sampai pengalaman pembangunan fisik Bandara YIA terulang lagi. Karena banyak pembayaran pekerja dan pengusaha lokal yang ditunda," tegasnya.

Kontruksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di Wilayah Sleman Sebagian Besar Melayang

Meski memberikan catatan, anggota fraksi PKS ini memaklumi mundurnya pengerjaan jalan tol lantaran adanya pandemi Covid-19.

"Saya maklumi. Hanya saja, untuk proses pembebasan lahan harus ada koordinasi yang baik dengan warga," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Miftahul Huda
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved