Yogyakarta

Aplikasi Jogja Pass Mulai Diterapkan pada Sektor Wisata DIY

Aplikasi Jogja Pass yang diluncurkan oleh Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) DIY sebagai pengenal digital selama berwisata ke wilayah Yogyakart

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Aplikasi Jogja Pass yang diluncurkan oleh Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) DIY sebagai pengenal digital selama berwisata ke wilayah Yogyakarta mulai dilakukan uji coba di beberapa sektor wisata.

Kepala Diskominfo DIY, Rony Primanto mengatakan aplikasi ini mulai dilakukan uji coba di lokasi wisata seperti pantai Parangtritis dan wisata Kaliurang.

"Pada saat uji coba aplikasi juga ditinjau oleh dinas pariwisata DIY. Sehingga, apa yang kurang bisa menjadi bahan perbaikan bersama," jelas Rony kepada Tribunjogja.com, pada Kamis (09/07/2020).

ASITA DIY Prediksi Destinasi Wisata Ruang Terbuka Lebih Dipilih Wisatawan saat New Normal

Sementara itu, Diskominfo pun menjelaskan bahwa selama pemakaian aplikasi.

Pengguna tidak perlu khawatir dengan adanya kebocoran data, karena aplikasi dibuat hanya sebagai alat untuk memudahkan tracing, tracking, dan analisis.

Penggunaan aplikasi pun sangat mudah.

Pengguna hanya perlu mengunduh melalui play store, kemudian untuk proses pendataan pengguna hanya memasukan nomor induk kependudukan (NIK), alamat tinggal, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

"Aplikasi ini nantinya akan jadi tanda pengenal digital untuk wisatawan. Sehingga, basis nya seperti kartu tanda penduduk (KTP), di mana wisatawan yang ingin berkunjung ke sini wajib memiliki aplikasinya," tutur Rony.

Dispar DIY Siapkan Strategi Pemulihan Pariwisata New Normal DIY

Rony menambahkan dengan adanya uji coba diharapkan dapat melihat kekurangan yang ada pada aplikasi.

"Uji coba ini penting sekali karena menggambarkan kondisi keadaan di lapangan. Seperti susahnya sinyal di beberapa sektor wisata sehingga untuk menyikapinya akan direncanakan aplikasi bisa digunakan dalam kondisi offline (tidak terhubung internet)," pungkas Rony.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved