Jadi Sensasi Global, Begini Kiat-kiat Bang Si Hyuk Agar BTS Tetap Sukses di Industri K-Pop

Banyak orang yang mungkin bertanya-tanya bagaimana BTS bisa sukses secara nasional dan global. Padahal Big Hit Entertainment bukan agensi besar

bighitofficial
Menjadi Sensasi Global, Begini Kiat-kiat Bang Si Hyuk agar BTS Tetap Sukses di Industri K-Pop 

TRIBUNJOGJA.COM - Banyak orang yang mungkin bertanya-tanya bagaimana BTS (Bangtan Boys) bisa sukses secara nasional dan global.

Padahal Big Hit Entertainment bukan agensi besar seperti SM Entertainment atau JYP Entertainment yang memang sudah eksis sejak tahun 1990-an.

Baru-baru ini, dalam sebuah makalah yang diterbitkan oleh Harvard Business School, CEO Big Hit Entertainment, Bang Si Hyuk berbagai bagaimana BTS bisa menjadi sensasi global dan cukup berbeda dari idola K-Pop lain.

BTS
BTS (bighitofficial)

BTS juga dinilai memiliki lebih banyak otonomi daripada boyband K-Pop lain. Mereka boleh menciptakan lagu maupun koreografi. Sistem ini yang tidak didapat boyband ataupun girlband lain.

Makalah tersebut berjudul ‘Big Hit Entertainment and Blockbuster Band BTS: K-Pop Goes Global’ dan disusun oleh penulis Anita Elberse dan Lizzy Woodham. Elberse sendiri merupakan Profesor Administrasi Bisnis di Harvard Business School.

Menurut Bang, salah satu hal yang membuat BTS bisa sukses adalah negosiasi kontrak antara label dan aktris. Biasanya, di periode ini, banyak boyband girlband yang terlibat perseteruan dengan label.

Masih ingat dengan kasus TVXQ dengan SM Entertainment belasan tahun lalu? Renegosiasi kontrak yang tidak halus menyebabkan artis dan label terlibat perseteruan yang melibatkan pengacara dan hukum.

BTS
BTS (bighitofficial)

“Kami berbicara apakah kami bisa melanjutkan sukses ini untuk tujuh tahun berikutnya. Kemudian para anggota berkata ‘kami bisa memberikanmu tujuh tahun lagi, tapi berikan kami tetapi beri kami pengakuan bahwa kami layak atas keberhasilan yang telah kami capai, dan mencerminkannya dalam kontrak’,” katanya.

Son Ye Jin dan Lee Sun Gyu Segera Cicipi Hollywood, Adu Akting dengan Sam Worthington

Ketujuh anggota dan label pun fokus pada apa yang bisa mereka lakukan untuk penggemar mereka. Ini memungkinkan transisi kontrak yang damai dan kelanjutan dari hubungan terpercaya mereka.

Tak hanya itu, mereka juga tidak berbicara tentang uang selama berdiskusi.

Halaman
123
Penulis: Bunga Kartikasari
Editor: Rina Eviana
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved