Breaking News:

Transparansi Kampus UNY Terkait UKT, KKN dan Pembelajaran Daring, Ini Penjelasan Selengkapnya

KKN UNY di masa pandemi bersifat individual. Mahasiswa dapat membuat program dengan projek dan mengimplementasikannya secara individual

istimewa
Rektor UNY, Prof Dr Sutrisna Wibawa, M Pd 

TRIBUNJOGJA.COM - Pihak kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar pertemuan dengan mahasiswa, Senin (29/6/2020).

Pertemuan ini membahas tentang sejumlah hal yang menjadi sorotan mahasiswa antara lain transparansi dana UKT, jaminan keamanan akademik bagi mahasiswa yang melakukan KKN, Subsidi bagi mahasiswa KKN, tambahan bantuan kuota untuk mahasiswa hingga SOP pembelajaran daring.

Prof Dr Sutrisna Wibawa M.PD, Rektor UNY dalam rilis yang diterima tribunjogja.com menyatakan, UNY mempunyai Rencana Kegiatan Penganggaran Terpadu (RKPT) yang merupakan rencana penggunaan anggaran yang dirumuskan di awal tahun anggaran. RKPT dibuat berdasarkan Renstra UNY.

"Laporan penggunaan UKT secara lengkap diberikan pada akhir tahun anggaran. Laporan keuangan disusun per tahun anggaran sesuai sistem angaran UNY sebagai PTN BLU. Laporan keuangan diaudit oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dan akuntan publik," kata Sutrisna.

Ada perbedaan antara RKPT dengan realitas penggunaan dana tahun 2020 akibat pandemi Covid-19. Namun belum bisa diprediksi akibat perbedaan itu apakah menjadi plus atau minus. Semua akan bisa diketahui
kira-kira bulan September 2020.

Kemudian pihak fakuktas pada 29 Juni – 6 Juli 2020, akan menyelenggarakan diskusi dengan mahasiswa terkait dengan penggunaan UKT dan RKPT pada umumnya, serta perubahan-perubahan penggunaan anggaran akibat pandemi COVID-19.

Diskusi anggaran dengan mahasiswa di tingkat universitas akan dilakukan pada Minggu ke dua Juli 2020. Untuk mengurangi kerumunan, diskusi ini dilakukan melalui ZOOM.

"Berdasarkan keputusan Mendikbud, semua mahasiswa wajib mambayar UKT setiap semesternya. Dalam hal mahasiswa mengambil kurang dari atau sama dengan 6 sks (Semester 7 untuk mahasiswa Diploma 3, semester 9 untuk S1) mahasiswa membayar maksimal 50% dari UKT," jelasnya.

Terkait jaminan keamanan akademik bagi mahasiswa yang melakukan KKN di masyarakat, UNY menyiapkan tiga langkah. Pertama, akan mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program KKN di UNY akan menyesuaikan dengan program tersebut.

Kedua, karena masih banyak daerah-daerah yang menolak mahasiswa untuk melakukan KKN di daerah, maka KKN yang paling aman bagi mahasiswa adalah dengan merencanakan dan melaksanakan program yang dapat dilakukan dengan Stay at Home.

Halaman
12
Editor: Ikrob Didik Irawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved