Breaking News:

3.987 KK di DIY Belum Tersentuh Bansos, Ditargetkan Terima Bantuan Minggu Depan

Sebanyak 3.987 KK di DIY Belum Tersentuh Bansos, Ditargetkan Terima Bantuan Minggu Depan

TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Seluruh Sekda se-DIY melakukan pertemuan di Gedung Pracimasana Kompleks Kepatihan untuk membahas masalah penyaluran bantuan sosial (bansos), Jumat (3/7/2020).

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan pertemuan dengan seluruh sekda se-DIY ini bertujuan untuk pengecekan penganggaran dan pelaksanaan bansos.

"Disampaikan ada (bantuan) Rp 600 ribu kali Rp 200ribu, Rp 300ribu, Rp 400ribu kali sekian bulan. Tapi intinya setelah dikoordinasikan tadi kita optimis yang berhak sudah mendapatkan.

Tapi untuk memastikan, kita sepakati teman-teman kabupaten kota akan mengirimkan data yang sudah diberikan oleh mereka, baik oleh kabupaten maupun desa. Kemudian data dikumpulkan," bebernya.

Aji menjelaskan, selanjutnya Pemda DIY akan melakukan pembersihan data atau cleansing sehingga nanti akan terlihat mana saja warga yang telah mendapatkan bantuan, sumber bantuan dari mana, dan mana warga yang berhak mendapat bansos namun belum menerimanya.

"Sejauh ini ada 3.987 KK warga yang berhak menerima bansos tapi belum menerima dan akan kita salurkan pada penyaluran bansos tahap kedua. Digenepi jadi 3 bulan," jelasnya.

Aji mengatakan, serapan dana dari Belanja Tidak Terduga (BTT) sekitar Rp 270 miliar dan kebutuhan yang paling besar adalah untuk bansos.

"Realokasi anggaran sekitar Rp 600miliar," ucap pria yang menjabat sebagai Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY tersebut.

Peta Sebaran Covid-19 di Indonesia Jumat 3 Juli 2020 Sore Ini, Data Rincian Kasus di 34 Provinsi

Kesadaran Pelaku Usaha di DIY Saat Masa Transisi Masih Rendah, Satpol PP DIY Gencarkan Razia

Terpisah, Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY Biwara Yuswantana mengatakan bansos tahap I penyaluran I yang diberikan Pemda DIY yaitu top up sebesar Rp 400ribu pada pertengahan Mei dan sudah selesai dilaksanakan.

"Dalam SK Gub ditetapkan penerima sebanyak 169.383 KK. Sudah tersalur kepada 126.393 KK dengan jumlah dana sebesar Rp 50,6 miliar. Tidak lolos verfikasi di kabupaten/desa sebanyak 13.428 KK dan yang tidak hadir sebanyak 29.562 KK," urainya.

Selanjutnya, untuk bansos tahap I penyaluran II, targetnya menyasar 126.393 KK. Data terbaru penyaluran II telah terealisasi 119.634 KK yang menerima 2 bulan (Juni dan Juli), sementara untuk penyaluran bansos

"Dan ada 1.055 KK menerima 3 bulan karena mereka berhak tapi tidak bisa hadir pada penyaluran I. Total dana yang tersalurkan sebesar Rp 96miliar sehingga sampai saat ini total anggaran bansos top up Pemda DIY sekitar Rp 146,6 miliar," urainya.

Biwara menambahkan, untuk 3.987 KK yang belum menerima bantuan akan diberikan bansos pada tahap II yang ditargetkan dilakukan pada minggu depan.

"Tahap II bagi KK terdampak yang belum menerima pada bansos tahap I. Nilainya tinggal dikalikan 3 bulan jadinya mereka menerima bantuan sebesar Rp 1,2 juta," ungkapnya.(Tribunjogja/Kurniatul Hidayah)

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved