Breaking News:

Jawa

Pemkot Magelang Serahkan Rp 568 Juta untuk Bantuan Keuangan Parpol

Bantuan keuangan kepada parpol diberikan secara proporsional berdasarkan perolehan suara parpol.

Penulis: Rendika Ferri K | Editor: Gaya Lufityanti
Dokumentasi Prokopim Pemkot Magelang
Perwakilan partai politik di Kota Magelang menerima bantuan keuangan Parpol dari Pemkot Magelang melalui Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito, Rabu (1/7/2020) di Kantor Wali Kota Magelang. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Bantuan keuangan partai politik sebesar Rp 568.199.000 diserahkan kepada delapan partai politik di Kota Magelang, Rabu (7/1/2020).

Rincian bantuan yakni untuk DPC Partai PKB sebesar Rp 67,1 juta, DPC Partai Gerindra Rp 42,7 juta, DPC Partai PDIP Rp 197 juta, DPC Partai Golkar Rp 49,6 juta. 

Bantuan untuk DPC Partai PKS Rp 79,2 juta, DPC Partai Perindo Rp 20,6 juta, DPC Partai Hanura Rp 33,8 juta dan DPC Partai Demokrat Rp 77,9 juta.

Kabupaten Magelang Tak Lagi Zona Merah Covid-19, Ini Kategori Terbarunya

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito, pun meminta bantuan keuangan tersebut digunakan sesuai aturan dan partai politik wajib mengalokasikan sebagian dari bantuan tersebut untuk pendidikan politik.

"Bantuan ini harus digunakan semestinya, antara lain untuk pendidikan politik yang utama, sisanya baru yang lain-lain, seperti untuk administrasi parpol dan lainnya," kata Sigit usai menyerahkan bantuan ke parpol di Kantor Wali Kota Magelang, Rabu (1/7/2020).

Sigit mengatakan, bantuan keuangan kepada parpol diberikan secara proporsional berdasarkan perolehan suara parpol.

Parpol agar menggunakan bantuan secara bertanggung jawab dan sesuai peran dan fungsinya.

Parpol juga wajib menyampaikan laporan pertanggungjawaban keuangan secara transparan dan akuntabel sesuai dengan peraturan yang berlaku.   

Unik, Lemari Makan Gratis Ajak Warga Jogja Berbagi di Tengah Pandemi Covid-19

"Bantuan yang diberikan itu gunakan untuk hal-hal sesuai ketentuan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kota Magelang, Hamzah Kholifi menyatakan, bantuan keuangan telah diberikan kepada delapan parpol di Kota Magelang

Bantuan itu sesuai dengan peraturan Wali Kota (Perwal) Magelang Nomor 15 Tahun 2020 tentang tata cara perhitungan dan besarnya bantuan keuangan kepada parpol di Kota Magelang periode 2020-2023 berdasarkan hasil Pemilu 2019.

Jumlah keseluruhan bantuan keuangan Rp 568.199.000, untuk 8 parpol di Kota Magelang," ujarnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved