BBPOM Yogyakarta Ajak Masyarakat Terapkan 5 Kunci Keamanan Pangan

5 Kunci Keamanan Pangan yaitu kebersihan, memisahkan pangan matang dan mentah, memasak dengan benar, suhu pangan, serta keamanan air dan bahan baku.

DOK. BPPOM Yogyakarta
Pemasangan x-banner 5 Kunci Keamanan Pangan di pasar tradisional Yogyakarta, dalam rangka memperingati Hari Keamanan Pangan Sedunia. 

TRIBUN-JOGJA.com - Dalam rangka memperingati Hari Keamanan Pangan Sedunia yang jatuh pada Minggu (7/6/2020), Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta melaksanakan Kampanye 5 Kunci Keamanan Pangan.

Adapun 5 Kunci Keamanan Pangan terdiri dari menjaga kebersihan, memisahkan pangan matang dan mentah, memasak dengan benar, menjaga pangan pada suhu aman, serta menggunakan air dan bahan baku yang aman.

Kampanye dilakukan secara langsung dan melalui media, seperti penulisan artikel pada media massa, serta pemasangan x-banner di supermarket dan pasar tradisional.

Kemudian, dilakukan juga pembuatan videotron, siaran radio, pembuatan infografis dan video, serta penyebaran flyer kepada konsumen yang datang berkonsultasi, pedagang kreatif lapangan, pedagang pasar, pengunjung supermarket, dan masyarakat.

Pihak BBPOM Yogyakarta, saat menyebarkan flyer 5 Kunci Keamanan Pangan kepada pedagang pasar.
Pihak BBPOM Yogyakarta, saat menyebarkan flyer 5 Kunci Keamanan Pangan kepada pedagang pasar. (DOK. BBPOM Yogyakarta)

Harapannya, dengan begitu masyarakat dapat meningkatkan kepedulian dan pemahamannya terkait keamanan pangan.

Pasalnya, saat ini hampir satu dari sepuluh orang di dunia jatuh sakit setelah makan makanan yang terkontaminasi. Padahal, setiap orang berhak atas makanan yang aman, sehat, bergizi, dan cukup untuk meningkatkan kesehatan dan mengakhiri kelaparan.

Ketika makanan tidak aman, anak-anak tidak bisa belajar, orang dewasa tidak bisa bekerja, bahkan manusia tidak bisa berkembang.

Tags
BBPOM
Penulis: Inadha Rahma Nidya
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved