Jawa

Angka Reproduksi Efektif Rendah, Kota Magelang Berhasil Kendalikan Kasus Covid-19

Kasus Covid-19 di Kota Magelang sudah bisa dikendalikan setelah Pemkot memberlakukan sejumlah upaya percepatan penanganan Covid-19.

Dokumentasi Pemkot Magelang
Suasana video conference pengarahan dan dialog Presiden dengan Gugus Tugas Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, di Command Center Kota Magelang, Selasa (30/6/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM - Perkembangan kasus virus corona (Covid-19) di Kota Magelang menunjukkan tren yang sangat baik.

Kasus konfirmasi pasien positif terakhir di Kota Magelang adalah 13 Juni 2020.

Sehingga Kota Magelang pun masuk zona hijau untuk sebaran kasus Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Magelang dr Majid Rohmawanto menjelaskan, berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah per 26 Juni 2020, angka Rt (Reproduksi efektif) Kota Magelang adalah 0,14.

Menurut Majid, jika angka Rt di bawah satu, maka peluang penyakit itu menular ke orang lainnya lebih rendah.

PMI Kota Magelang Terima Bantuan Mobil Ambulans dari BRI

Ini artinya, kasus Covid-19 di Kota Magelang sudah bisa dikendalikan setelah Pemkot memberlakukan sejumlah upaya percepatan penanganan Covid-19. 

"Angka Rt Kota Magelang 0,14. Dengan angka ini, kita peringkat 17 daerah di Jawa Tengah yang memiliki angka Rt kurang dari 1," jelas Majid, ditemui usai menghadiri video conference pengarahan dan dialog Presiden dengan Gugus Tugas Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, di Command Center Kota Magelang, Selasa (30/6/2020).

Walau demikian, Kota Magelang masih masuk kategori daerah di Jawa Tengah dengan peta/zonasi risiko penularan kategori sedang (orange).

Zonasi risiko dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan, meliputi indikator epidemiologi, indikator surveilans kesehatan masyarakat dan pelayanan masyarakat.

"Berdasarkan hitungan indikator-indikator tersebut, Kota Magelang memiliki skor sebesar 1,93. Artinya, potensi penularan virus corona di Kota Magelang itu masih cukup tinggi," terang Majid. 

Halaman
123
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved