Breaking News:

Alasan Kenapa Mobil Tak Perlu Menyalakan Lampu Siang Hari Seperti Motor

Jika motor diwajibkan untuk menyalakan lampu utama saat dipakai siang hari, maka lain halnya dengan kendaraan roda empat atau mobil.

The Star
Menyalakan lampu di siang hari untuk mobil 

TRIBUNJOGJA.COM - Jika motor diwajibkan untuk menyalakan lampu utama saat dipakai siang hari, maka lain halnya dengan kendaraan roda empat atau mobil.

Mobil tak perlu menyalakan lampu utama saat dipakai siang hari.

Bila menyangkut soal keselamtan, seharusnya kewajiban menyalakan lampu sepanjang hari ketika berkendara juga berlaku bagi mobil bahkan sampai moda angkutan umum sekalipun.

Lalu apa alasan dan pertimbangannya mobil dan angkutan umum tak perlu menyalakan lampu ketika berkendara siang hari?

Menjawab pertanyaan tersebut, Direktur Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sigit Irfansyah mengatakan, bila pertimbanganya karena beberapa hal, paling utama soal dimensi dan musim di Indonesia.

"Faktor utama, mobil punya dimensi yang besar, secara tak logika masih lebih kelihatan dibandingkan motor juga. Selain itu, dari hasil survei yang kami dapatkan dari luar, memang ada negara yang mewajibkan mobil untuk menyalakan lampu saat siang hari, tapi kebanyakan itu negara-negara yang memiliki empat musim, di kita tidak," kata Sigit kepada Kompas.com, Minggu (28/6/2020).

Menurut Sigit, pada beberapa negara yang menerapkan kewajiban menyalakan lampu di siang hari untuk mobil dan kendaraan lain lebih karena masalah minimnya penerangan alami, atau matahari. Karena itu, visibilitas orang juga menurun dan diwajibkan menyalakan lampu saat berkendara.

Namun demikian, Sigit mengakui memang bicara soal keselamatan harusnya diterapkan oleh semua kendaraan.

Tapi bila bicara soal faktor krusial, tentunya setelah dianalisa dan dievaluasi, diambil yang memiliki tingkat risiko tertinggi, yakni motor.

Apalagi mengingat angka kecelakaan yang melibatkan pengguna motor di Indonesia sampai saat ini sangat tinggi.

Setiap tahun menurut Sigit, jumlahnya selalu bertambah seiring dengan banyaknya populasi motor yang berdar di jalan raya.

"Untuk saat ini sendiri memang masih motor, karena dimensinya lebih kecil dan garak berkendarannya juga lebih susah diprediksi dibandingkan mobil. Namun beberapa mobil baru sekarang juga sudah memiliki DRL yang cukup membantu juga, tapi memang belum menjadi hal yang diwajibkan," ujar Sigit. (*)

===

Artikel ini sudah tayang di kompas.com dengan judul Alasan Mobil Tak Perlu Nyalakan Lampu Siang Hari Seperti Motor

Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved