Breaking News:

Bisnis

Pemkot Yogyakarta Giatkan Pembinaan Forkom UMKM untuk Persiapan Penjualan Digital

Pemerintah kota (Pemkot) melalui dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (DinkopUMKMNakertrans) kota Yogya, memberikan pembinaan kepada foru

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah kota (Pemkot) melalui dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (DinkopUMKMNakertrans) kota Yogya, memberikan pembinaan kepada forum komunikasi (Forkom) UMKM untuk lebih mengenal penjualan secara digital.

Kepala bidang Usaha Mikro Kecil (UMK), DinkopUMKNakertrans Kota Yogyakarta, Rihari Wulandari mengatakan, pembinaan terus dilakukan melalui komunitas UMKM agar lebih mudah dan merata.

Adapun satu diantaranya Forkom UMKM yang terus diberi pelatihan dan pembinaan yaitu Karang Mitra Usaha (KAMU) di kota Yogyakarta.

Penjelasan DinkopUMKMNakertrans Terkait Ditundanya Pembukaan Pendaftaran Kartu Pra Kerja

"Saat ini, pembinaan kami lakukan dengan melibatkan komunitas UMKM jadi mengarahkannya lebih mudah. Seperti forkom KAMU yang sudah beranggotakan 80 orang namun yang melek digital hanya 15 persennya, saja,"jelas Rihari saat dihubungi TRIBUNJOGJA.COM, pada Jumat (26/06/2020).

Rihari menambahkan, kebanyakan UMKM terkendala pada pemahaman dan pemanfaatan teknologi.

Terutama bagi pelaku UMKM yang sudah tidak berusia muda lagi.

"Memang masih banyak UMKM yang tidak paham dengan teknologi, apalagi yang tak berusia muda. Kemarin, kami lakukan pembinaan di KAMU masih ada yang kesulitan menggunakan aplikasi chatting," ujar Rihari.

Padahal, penguasaan teknologi dalam market place nanti sangat dibutuhkan.

Apalagi teknologi yang akan menjadi penghubung antara penjual dan pembeli.

Rihari menjelaskan, dengan adanya kerja sama dengan komunitas UMKM seperti KAMU, diharapkan dapat memudahkan dalam proses pembinaan.

Pemenuhan Infrastruktur dan Pembinaan bagi UMKM Perlu Dilakukan untuk Dongkrak Penjualan Daring

"Jadi kalau melalui komunitas kan ada ketuanya. Jadi, koordinasi lebih mudah sehingga, jika ada kendala informasi akan cepat diterima. Ini juga ada pelatihan kan sebagai jawaban atas keluhan dari anggota yang disampaikan oleh ketuanya," ujar Rihari.

Adapun pelatihan yang diberikan kepada forkom KAMU meliputi, pelatihan media digital, pengenalan market place, tata cara pembayaran digital hingga pembuatan konten produk.

"Ya, pemkot fasilitasi pelatihan untuk menunjang UMKM agar lebih baik lagi. Rencananya, setelah UMKM sudah pandai dan paham dalam penggunaan media penjualan daring, akan kami lakukan kerja sama dengan Jogjapedia untuk membuka jaringan market place yang lebih besar," pungkas Rihari. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved