Breaking News:

Yogyakarta

Menhub Lakukan Kunjungan Kerja Perdana di YIA

Setelah sempat menjalani perawatan akibat terpapar Covid-19, akhirnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja pertamanya ke lu

Penulis: Andreas Desca
Editor: Ari Nugroho
Istimewa
Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Setelah sempat menjalani perawatan akibat terpapar Covid-19, akhirnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja pertamanya ke luar daerah.

Kunjungan tersebut dilaksanakan, Jumat, (26/6/2020) dalam rangka meninjau kesiapan new normal di DIY dan Jawa Tengah.

Dalam kunjungan ini, Menhub didampingi oleh Direktur Angkasa Pura I, Faik Fahmi, Dirjend Perhubungan Udara serta Dirjend Perkeretapian, meninjau Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Organda Bingung Soal Wacana Menhub

Pada kesempatan tersebut, Menhub mengapresiasi kinerja dari Angkasa Pura I dan Dirjen Perhubungan Udara yang pada beberapa waktu terakhir, dalam persiapan penerapan new normal, telah mengupayakan berbagai hal semaksimal mungkin.

"Kunjungan ini bertujuan untuk dua hal, pertama untuk meninjau kesiapan dearah-daerah terkait new normal dan terkait pengelolaannya juga," ujarnya.

Walaupun demikian, Menhub tetap meminta Angkasa Pura I untuk lebih intensif dalam berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 di DIY.

"Koordinasi itu diperlukan mengingat Gugus Tugas tingkat provinsi itu yang mengerti benar kondisi di daerah tersebut. Nantinya itu akan berdampak pada pengambilan keputusan yang menyangkut penerapan new normal di wilayah tersebut," paparnya.

Menhub juga tmengapresiasi fasilitas yang sudah ada di Bandara YIA, karena selain dari sarana prasarana yang sudah terbilang lengkap, protokol kesehatan pun diterapkan dengan baik.

Menhub Bakal Izinkan Moda Transportasi Umum Kembali Beroperasi, Tapi dengan Syarat Khusus

Menurutnya akses transportasi ke Bandara YIA, saat ini sudah beroperasi dengan lancar.

Moda transportasi dari mulai bus, shuttle bus hingga kereta api juga sudah tersedia dan siap melayani penumpang.

"Kita bisa mengharapkan YIA ini sebagai insfratruktur penghubung wilayah lain menuju ke Jogja. Khususnya ke destinasi-destinasi wisata yang ada di wilayah Jogja dan Jawa Tengah, seperti Borobudur dan yang lainnya," imbuhnya.

Disisi lain, Kemenhub juga sudah menyiapkan jalur kereta api yang nanti bisa langsung menuju Bandara YIA untuk semakin memudahkan penumpang pesawat.

Dengan kemajuan yang ada di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) tersebut, Menhub berharap kawasan sekitar bandara baru tersebut bisa mendongkrak perekonomian dari segi pariwisata.

Bahkan Menhub juga cukup optimis dengan kehadiran baru Bandara YIA ini dapat mewujudkan Borobudur dan Yogyakarta sebagai lima destinasi Bali baru.

"Saya lihat fasilitas YIA sudah semakin baik dan diharapkan YIA menjadi salah satu infrastruktur untuk meningkatkan pariwisata di Yogyakarta," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved