Breaking News:

Update Corona di DI Yogyakarta

Layani 170 Pemohon KTP-el Per Hari, Disdukcapil Kota Yogyakarta Rencanakan Layanan Drive Thru

Layanan cetak KTP-el masih menjadi layanan primadona di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Layanan cetak KTP-el masih menjadi layanan primadona di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta.

Bahkan setiap harinya, Disdukcapil Kota Yogyakarta melayani sekitar 170 permohonan cetak KTP-el, baik rusak ataupun hilang.

Untuk mengakomodasi banyaknya permohonan, Disdukcapil Kota Yogyakarta perlu membuat inovasi baru.

Kepala Bidang Pelayanan Pendataan Kependudukan Disdukcapil Kota Yogyakarta, Bram Prasetyo mengatakan pihaknya tengah merencanakan layanan Drive thru untuk KTP-el.

Disdukcapil Kota Yogya Batasi Layanan Kependudukan

"Kita baru mengkaji untuk rencana kegiatan Drive thru. Tetapi khusus untuk KTP-el yang hilang dan rusak saja. Memang pelayanan kependudukan yang paling banyak adalah pencetakan KTP-el, persentase bisa 70 persen," katanya, Jumat (26/06/2020).

Layanan Drive thru tersebut menjadi salah solusi untuk mengurangi penumpukan permohonan dan mengurai kerumunan di Disdukcapil.

Dengan adanya layanan Drive thru, pemohon tidak perlu lagi melakukan pendaftaran melalui WhatsApp.

Selain itu, layanan drive thru dinilai lebih singkat.

"Kalau yang rusak kan tinggal membawa KK (Kartu Keluarga), kalau yang hilang ya tinggal membawa surat kehilangan dan KK. Selama tidak ada data yang berubah bisa langsung dilayani. Bisa langsung cetak dan langsung diambil oleh pemohon," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved