Breaking News:

Kekeliruan Sepele yang Kerap Dilakukan Pemotor, Menaruh Helm di Spion

Pabrikan motor biasanya sudah menyediakan tempat tersendiri untuk meletakkan helm, misal di gantungan barang, atau di dalam bagasi.

nst.com.my
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Apakah Anda termasuk orang yang kerap kali menaruh helm di spion motor? Mungkin tampak sepele, tapi ini merupakan kekeliruan karena pada dasarnya spion bukanlah tempat untuk menaruh helm.

Pabrikan motor biasanya sudah menyediakan tempat tersendiri untuk meletakkan helm, misal di gantungan barang, atau di dalam bagasi.

Namun, karena dianggap lebih mudah dan simpel atau tidak ribet membuat para pengendara lebih memilih untuk meletakkan helmnya pada spion dan abai akan dampak buruk yang bisa ditimbulkan.

Cara Blokir STNK Via Online Supaya Tak Kena Pajak Progresif

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, menegaskan, spion bukan tempat untuk meletakkan helm. Melainkan untuk mengetahui posisi kendaraan lain yang ada di belakang ketika di jalan raya.

“Jika kebiasaan ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama bisa merusak kaca spion itu sendiri, spion bisa kendur atau bahkan lepas,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com, Senin (22/6/2020).

Alasannya, disebabkan karena beban helm yang berat sehingga membuat kaca spion tidak kuat untuk menahannya. Selain itu, menurut Ribut, meletakkannya di spion juga bisa membuat helm mudah terjatuh.

Modifikasi Honda Win jadi Motor Trail Perkotaan ala Ofix

“Jika itu terjadi bukan tidak mungkin helm akan mengalami kerusakan, bahkan menaruh di spion saja sudah bisa membuat busa di dalamnya cepat rusak,” katanya.

Ribut menyarankan, agar helm diletakkan di tempat-tempat yang sudah disediakan. Pabrikan sudah menyiapkan tempat yang tepat untuk meletakkan helm agar lebih aman.

“Seperti kalau motor matik dan bebek di bawah jok bagian depan, dan sport di bagian belakang. Atau bisa juga di gantung di bagian gantungan tempat barang,” ucap Ribut. (*)

===

Artikel ini sudah tayang di kompas.com dengan judul Ingat, Spion Bukan Tempat Menaruh Helm Motor

Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved