Breaking News:

Update Corona di DI Yogyakarta

LO DIY Buka Posko Pengaduan Penyesuaian New Normal untuk Sektor Pendidikan

LO DIY membuka Posko Pengaduan Penyesuaian Kenormalan Baru untuk Sektor Pendidikan Tahun Ajaran 2020/2021 pada 23 Juni-30 September 2020.

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Wakil Ketua Bidang Aparatur Pemerintah Daerah LO DIY Sukiratnasari (kiri) saat menyampaikan paparannya. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Lembaga Ombudsman (LO) DIY membuka Posko Pengaduan Penyesuaian Kenormalan Baru untuk Sektor Pendidikan Tahun Ajaran 2020/2021.

Posko dibuka pada 23 Juni-30 September 2020.

Posko ini menampung segala keluhan, kritikan, masukan, aspirasi dan pertanyaan terkait PPBD, SBMPTN dengan sistem UTBK, penyesuaian kenormalan baru penyelenggaraan kegiatan pendidikan pada semua level mulai dari jenjang PAUD sampai dengan Perguruan Tinggi. 

Wakil Ketua Bidang Aparatur Pemerintah Daerah LO DIY Sukiratnasari mengungkapkan LO DIY telah menerima aduan terkait verifikasi akun PPDB Online jenjang SMA/SMK yang sempat mengalami kendala.

Sejumlah Sekolah di Yogyakarta Buka Posko Layanan Terkait Kendala Saat Pengajuan Akun PPDB

Kendala tersebut di antaranya berupa gagal menggunggah berkas dan persoalan Kartu Keluarga (KK) yang belum update.

"Untuk verifikasi akun PPDB SMA sempat di dalam sistem ada kebingungan karena tampilan handphone dan desktop berbeda. Ketika mau mengunggah sempat ada kendala tak bisa unggah mungkin karena load terlalu banyak. Soal KK juga jadi persoalan," ujarnya Selasa (23/6/2020).

Ia mengungkapkan, LO DIY akan melayani pengaduan masyarakat untuk merumuskan tindak lanjut yang diperlukan melalui mekanisme investigasi, koordinasi, klarifikasi dan mediasi dengan stakeholder terkait.

"Tindak lanjutnya kami ke dinas untuk konsultasikan, kami hubungi kontak person yang mengurus PPDB," kata dia.

Dalam melakukan pemantauan penyesuaian kenormalan baru pada sektor pendidikan, fokus LO DIY yakni melakukan kajian terhadap peraturan dan atau kebijakan yang diterbitkan oleh Pemerintah Pusat sampai dengan tingkat satuan pendidikan dan atau perguruan tinggi.

UPDATE Data 7 Pasien Covid-19 Sembuh Asal DIY: 5 dari Gunungkidul, 2 Lainnya Warga Sleman dan Bantul

Selain itu juga melakukan assesment terhadap kesiapan pelaksanaan pembelajaran tahun ajaran baru mulai dari PAUD sampai dengan perguruan tinggi.

Untuk itu, LO DIY akan melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran tahun ajaran baru.

Ia mengatakan, perlunya penyesuaian kurikulum yang lebih adaptif dengan situasi pandemi dan lebih optimal untuk mendukung peserta didik belajar dari rumah.

"Perlunya penyesuaian kurikulum kenormalan baru dengan kurikulum sebelum pandemi sehingga dapat efektif diimplementasikan sesuai dengan kondisi peserta didik," paparnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved