Jawa

Gugus Tugas: Sebagian Warga Masih Belum Patuh Protokol Kesehatan

Operasi masker ini dilaksanakan Selasa (23/6/2020) selama 40 menit di sepanjang jalan di depan Lapangan drh Soepardi, Sawitan yang kerap jadi tempat w

Penulis: Rendika Ferri K | Editor: Ari Nugroho
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Razia masker yang dilakukan di Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Selasa (23/6/2020). Ada 53 orang yang terjaring tak mengenakan masker. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Ada sebagian warga yang ternyata masih belum patuh protokol kesehatan dengan tidak mengenakan masker.

Hal ini terlihat dari razia masker yang dilakukan di Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Selasa (23/6/2020).

Ada 53 orang yang terjaring tak mengenakan masker, bahkan tiga diantaranya ASN.

Operasi masker ini dilaksanakan Selasa (23/6/2020) selama 40 menit di sepanjang jalan di depan Lapangan drh Soepardi, Sawitan yang kerap jadi tempat warga berkumpul tanpa menjaga jarak.

Personel dari Polsek, Koramil dan Satpol PP pun langsung memberhentikan para pengguna jalan yang kedapatan tak mengenakan masker.

Hasilnya, ada 53 orang yang melintas terjaring razia. Kebanyakan adalah pengendara sepeda motor, sepeda dan kendaraan mobil pribadi.

Berbagai alasan, entah karena lupa, ketinggalan, sampai tidak punya masker, tetapi petugas tetap melakukan tindakan tegas.

Tidak Bermasker di Klaten, Siap-Siap KTP Ditahan

Pelanggar yang tidak membawa masker diminta membeli masker lebih dulu.

Mereka diperiksa suhu badannya, didata dan diberikan peringatan oleh petugas.

"Kami dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, melakukan razia terhadap orang yang tidak memakai masker. Kurang lebih 40 menit digelar sekitar 53 orang terjaring tidak memakai masker," kata Camat Mungkid, R Anta Murpuji kepada wartawan di sela-sela razia, Selasa (23/6/2020).

Belum ada sanksi bagi yang tidak memakai masker, petugas hanya memberikan pembinaan kepada warga.

Namun, jika diketahui melakukan pelanggaran lagi, petugas akan memberikan tindakan tegas.

Razia sendiri dilakukan atas instruksi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Magelang.

Razia ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada warga tentang pentingnya pencegahan terhadap Covid-19.

Update Covid-19 Kabupaten Magelang: Pasien Sembuh Bertambah 14 Orang, Kasus Baru Bertambah 1 Orang

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari perintah Gugus Tugas Kabupaten Magelang. Bahwa kita Forkompimcam Kecamatan Mungkid untuk melakukan operasi masker. Intinya untuk edukasi kepada masyarakat bahwa penggunaan masker hukumnya sekarang wajib.’ Kalau tuan rumah harus pakai masker’. Itu bagian dari kita untuk menjaga penyebaran pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Kapolsek Mungkid, AKP Mohammad Ahdi, mengatakan, operasi digelar secara humanis yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat bagaimana mencegah penyebaran Covid-19.

Bagi masyarakat yang belum patuh maka kita berikan kartu merah dan pembinaan serta disarankan untuk membeli masker.

"Masyarakat yang sudah patuh pakai masker dan sadar akan bahaya Covid-19 maka kita juga berikan hadiah atau kenang-kenangan berupa makanan ringan,” katanya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved