Cegah Korupsi, Masyarakat Bisa Awasi Penyaluran Bansos Lewat Melalui jaga.id

Melalui saluran ini, masyarakat bahkan bisa mengadukan jika di lapangan mendapati penyaluran yang tidak sesuai ketentuan.

dok.ist/ pemkot magelang
Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito, saat menyalurkan bantuan sosial pada warga Kota Magelang yang membutuhkan dan terdampak covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Masyarakat kini bisa berperan aktif mengawasi penyaluran bantuan sosial (bansos) dari pemerintah dengan mudah melalui website https://jaga.id/.

Melalui saluran ini, masyarakat bahkan bisa mengadukan jika di lapangan mendapati penyaluran yang tidak sesuai ketentuan.

Inspektur Kota Magelang, Sumartono, menjelaskan belum lama ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI meluncurkan aplikasi Jaga Bansos yang bertujuan untuk mencegah terjadinya penyelewengan dana bansos.

Aplikasi ini bisa diunduh masyarakat melalui gawai dengan sistem operasi android ataupun iOs.

"Selain pakai aplikasi itu, masyarakat juga bisa memantau dan menyalurkan pengaduan kepada Inspektorat Kabupaten/Kota melalui https://jaga.id/," jelas Sumartono, ditemui di kantornya, Senin (22/6/2020).

Fitur ini memudahkan masyarakat untuk melaporkan dugaan penyimpangan atau penyalahgunaan bantuan sosial.

Tak hanya itu, fitur ini juga menyediakan informasi tentang bansos.

Dengan demikian potensi terjadinya tindak pidana korupsi bisa dicegah sejak dini.

"Jadi fitur ini bisa membantu masyarakat mendapatkan haknya, sekaligus menjadi pengawas dalam pelaksanaan tugas pemerintah demi menjamin kesejahteraan masyarakat, apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti ini," tutur Sumartono.

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito, mengapresiasi terobosan ini sebagai satu upaya untuk mencegah penyelewangan penyaluran dana bansos.

Halaman
12
Editor: Muhammad Fatoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved