Beranak dalam Kubur Ternyata Pernah Terjadi di Abad Pertengahan di Italia, Ini Kata Para Peneliti

Pernah dengar mitos tentang perempuan melahirkan dalam kubur? Kisah tersebut memang banyak beredar di Indonesia dan perempuan itu sering disebut

Penulis: Bunga Kartikasari | Editor: Mona Kriesdinar
smithsonianmag
Melahirkan dalam Kubur Ternyata Pernah Terjadi di Abad Pertengahan di Italia, Ini Kata Para Peneliti 

TRIBUNJOGJA.COM, ITALIA - Pernah dengar mitos tentang perempuan melahirkan dalam kubur? Kisah tersebut memang banyak beredar di Indonesia dan perempuan itu sering disebut kuntilanak.

Konon, perempuan melahirkan bayi dalam kubur dan menjelma menjadi kuntilanak, menghantui orang-orang yang menyakitinya saat ia masih hidup di dunia.

Namun ternyata, melahirkan dalam kubur pernah terjadi pada seorang perempuan yang hidup di abad ketujuh di Italia.

Dilansir dari artikel CNN, para peneliti menemukan peti mati bata yang diisi oleh kerangka seorang perempuan muda. Uniknya, dari peti mati itu, terlihat lubang di tengkoraknya serta serangkaian tulang kecil milik bayi diantara panggul dan kakinya.

Melahirkan dalam Kubur Ternyata Pernah Terjadi di Abad Pertengahan di Italia, Ini Kata Para Peneliti
Melahirkan dalam Kubur Ternyata Pernah Terjadi di Abad Pertengahan di Italia, Ini Kata Para Peneliti (cnn)

Menurut peneliti dari Universitas Ferrara, Italia, penemuan ini tergolong cukup langka. Diduga, sebelum meninggal, perempuan itu melakukan operasi neuro yang disebut trepanation.

Operasi itu dilakukan seminggu sebelum kematian perempuan. Saat itu, ia sedang hamil 38 minggu. Dia tidak pernah memiliki kesempatan untuk membawa bayi itu ke dunia.

Janin yang ada di rahim sang ibu kemudian ikut terdekomposisi oleh tanah. Tak heran, ini disebut sebagai melahirkan di peti mati karena sebenarnya ibu tak pernah benar-benar melahirkan.

Adanya rangkaian tulang anak bayi di selangkangan ibu karena bayi juga ikut terdekomposisi.

Ini adalah pertama kalinya contoh trepanasi dan kelahiran peti mati ditemukan bersama.

Trepanasi sendiri tidak dianggap langka dan dipraktikkan seawal Zaman Batu. Akan tetapi contoh-contoh di abad pertengahan Eropa awal kurang umum dan contoh-contoh kelahiran peti mati jelas jarang.

"Saat ini, ini adalah satu-satunya kasus kelahiran peti mati yang diketahui dan diterbitkan dari Abad Pertengahan Italia," Alba Pasini, rekan penulis penelitian dan peneliti dengan Laboratorium Archaeo-Antropologi dan Antropologi Forensik di Universitas Ferrara.

”Trepanasi sebanding dengan intervensi lain dari periode yang sama dan dari kasus trepanasi lain dilakukan melalui teknik pengeboran,” bebernya.

Tidak diketahui mengapa wanita itu harus menjalani operasi, tetapi para peneliti mengatakan itu mungkin terkait dengan kehamilannya atau upaya untuk menyelamatkan hidupnya sehingga dia bisa melahirkan bayi.

Pada saat itu, bedah saraf digunakan sebagai upaya untuk mengobati penyakit, cedera saraf atau trauma dan migrain.

Melahirkan dalam Kubur Ternyata Pernah Terjadi di Abad Pertengahan di Italia, Ini Kata Para Peneliti
Melahirkan dalam Kubur Ternyata Pernah Terjadi di Abad Pertengahan di Italia, Ini Kata Para Peneliti (cnn)
Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved