Breaking News:

Sleman

Melalui Koperasi Peternak Roekoen, PDIP DIY Bangun Kemandirian Ekonomi di Tingkat Desa

Pendirian koperasi itu menandai bahwa semangat kemandirian, kemauan bekerja sama serta rasa gotong royong hadir di tengah masyarakat.

istimewa
Peresmian koperasi peternak roekoen, Sabtu (20/6/2020) yang diinisiasi oleh sejumlah kader di tingkat ranting Hargobinangun, Pakem, Sleman. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DIY meresmikan berdirinya Koperasi Peternak Roekoen, Sabtu (20/6/2020) yang diinisiasi oleh sejumlah kader di tingkat ranting Hargobinangun, Pakem, Sleman.

Sekretaris DPD PDIP DIY, Totok Hedi Santosa mengatakan, peresmian acara dilakukan dengan kegiatan acara berupa kenduri dengan masyarakat sekitar. 

Totok menyampaikan, pendirian koperasi sekaligus peresmian itu menandai bahwa semangat kemandirian, kemauan bekerja sama serta rasa gotong royong hadir di tengah masyarakat. 

Peringati Haul Bung Karno, DPC PDIP Yogyakarta Gelar Gerakan #JogjaNandur 1000 Pohon

"Upaya seperti ini yang harus digalakkan dan disertai dengan seluruh komponen di masyarakat," urai dia dikutip dari keterangannya. 

Semangat gotong royong kata dia merupakan kultur masyarakat yang sangat sesuai diterapkan saat ini, terlebih di masa pandemi Covid-19. 

"Untuk itu harus terus menerus direvitalisasi, digalakkan agar banyak hal yang menjadi keinginan positif masyarakat bisa terealisasi dengan segera," katanya. 

Direncanakan, koperasi itu nantinya akan menghimpun anggota dari para peternak dan juga petani.

BREAKING NEWS : Update Covid-19 DIY 20 Juni 2020, Kasus Positif Bertambah 8

Adapun, hasil-hasil peternakan dan pertanian akan sepenuhnya digunakan untuk kesejahteraan para anggota. 

"Misalnya disamping pembiakan kambing juga akan mengolah kotorannya menjadi pupuk organik sehingga perlahan-lahan akan memastikan pengolahan lahan baik ladang maupun persawahan dengan pola pertanian organik," ucapnya. 

"Upaya seperti ini tentu juga selaras dengan semangat kita dan akan terus mendorong kelompok lainnya tumbuh dan masyarakat mampu terlibat aktif untuk mengupayakan gerakan serupa, sehingga akan terjadi mobilisasi ekonomi di tingkat desa," urai Totok. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved