Breaking News:

Sidang Perdana Laka Susur Sungai SMP N 1 Turi Digelar Virtual, Terdakwa Terancam 5 Tahun Penjara

Sidang Perdana Laka Susur Sungai SMP N 1 Turi Digelar Virtual, Terdakwa Terancam 5 Tahun Penjara

Penulis: Santo Ari | Editor: Hari Susmayanti
Tribunjogja/Santo Ari
Pengadilan Negeri Sleman menggelar sidang perdana kasus susur sungai SMP N 1 Turi dengan agenda dakwaan, Senin (15/6/2020) 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Pengadilan Negeri (PN) Sleman gelar sidang perdana kasus laka susur sungai Sempor, Desa Donokerto, Turi, Senin (15/6/2020).

Agenda pertama adalah mendengar dakwaan dari jaksa penuntut umum (JPU) di mana terdakwa adalah berinisial IYA (36) warga Caturharjo, Sleman yang juga sebagai guru olahraga, RY (58) warga Turi yang juga guru seni budaya dan DDS (58) warga Ngaglik.

Ada yang berbeda dalam sidang di masa pandemi Covid-19 yakni menerapkan physical distance dan tidak menghadirkan terdakwa.

Terdakwa saat ini masih ditahan di Polres Sleman. Sidang dilakukan secara teleconference.

Hanya JPU dan kuasa hukum yang datang. Walaupun sidang bersifat terbuka, namun pengunjung yang masuk ke ruang sidang juga dibatasi.

Lebih lanjut tentang jalannya sidang kali ini, Yogi Rahardjo selaku JPU, di depan majelis hakim yang diketuai Annas Mustaqim, mengungkapkan, kegiatan susur sungai itu dilaksanakan pada 21 Februari 2020 pukul 13.30 di sungai Sempor yang dipimpin IYA, RY dan DDS selaku pembina pramuka.

Susur sungai itu diikuti sekitar 249 siswa. Kegiatan susur sungai ini diprogramkan dalam ekstrakurikuler Pramuka di SMPN 1 Turi di tahun ajaran 2019/2020.

Dikatakan JPU, kegiatan susur sungai merupakan kegiatan yang mengandung bahaya dan penuh resiko bagi keselamatan jiwa peserta.

Para pembina pramuka seharusnya berpedoman SK Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No 227 Tahun 2007 tentang petunjuk penyelenggaraan kebijakan manajemen pramuka.

"Seharusnya para terdakwa selaku pembina pramuka melakukan survei lokasi, minta izin ke Kamabigus, orang tua siswa, TNI/Polri dan SAR.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved