Breaking News:

Pendidikan

Prodi Kimia UII Terakreditasi Unggul

Prodi Kimia UII akan mempertahankan status Akreditasi Internasionalnya dan akan meraih akreditasi internasional dari lembaga yang berbeda.

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Gaya Lufityanti
Google Street View
Universitas Islam Indonesia (UII) 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Program Studi (Prodi) Kimia Program Sarjana, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) mendapatkan peringkat Akreditasi Unggul.

Ketua Program Studi Kimia Program Sarjana FMIPA UII, Dwiarso Rubiyanto mengatakan Akreditasi Unggul diperoleh setelah memenuhi Peraturan BANPT nomor 1 tahun 2020 tentang Mekanisme Akreditasi untuk Akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

"Kami memenuhi kriteria Pasal 7 di Peraturan BANPT nomor 1 tahun 2020 di mana Prodi yang sudah mendapatkan status terakreditasi internasional. Prodi Kimia memperoleh akreditasi internasional dari Royal Society of Chemistry Inggris, maka dapat disetarakan pengakuannya sebagai Terakreditasi Unggul," ujarnya kepada Tribunjogja.com, Kamis (11/6/2020).

UII Masih Terapkan Pembelajaran Daring hingga Akhir Juli 2020

Ia mengungkapkan tahapan akreditasi berdasarka Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 ini meliputi evaluasi data dan informasi terkait mutu penyelenggaraan program studi, penetapan peringkat akreitasi berdasarkan hasil evalusi dan pemanatauan pemenuhan syarat peringkat akreditasi

Tiga unggulan riset yang dimiliki oleh Prodi Kimia UII yakni Pengembangan Minyak Atsiri, Isolasi dan Sintesis bahan non atsiri utk Kesehatan dan Pangan, Material dan Elektrokimia utk Energi dan Lingkungan.

Namun demikian, capaian tersebut tidak lantas membuat Prodi Kimia UII berpuas diri dan mengabaikan tantangan ke depan.

Prodi Kimia UII berusaha untuk mendapatkan pengakuan internasional melalui akreditasi oleh lembaga lain yang diakui Kemendikbud.

Rincian Kasus Positif Virus Corona di Yogyakarta 10 Juni, Data Pasien Sembuh, Meninggal, PDP dan ODP

"Selain itu juga terus berusaha untuk memperbaiki mutu penyelenggaran program studi," ungkapnya.

Dengan perubahan global yang dinamis, Prodi Kimia UII berusaha untuk memenuhi Standar Mutu penyelenggaraan prodi yang berlaku nasional maupun internasional.

"Karena bagaimanapun perkembangan zaman yang senantiasa dinamis harus selalu diantisipasi. Standarisasi program studi merupakan indikator yang paling tepat," kata dia.

Dalam hal ini Prodi Kimia UII akan mempertahankan status Akreditasi Internasionalnya dan akan meraih akreditasi internasional dari lembaga yang berbeda untuk semakin memperkokoh rekognisi internasionalnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved