Bisnis

Pemerintah Keluarkan Peraturan Terkait Penempatan Dana dan Pemberian Subisidi Bunga

PP mengatur penempatan dana oleh pemerintah yang ditujukan untuk memberikan dukungan likuiditas kepada perbankan yang melakukan restrukturisasi kredit

economictimes.indiatimes.com
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dalam rangka pelaksanaan Program PEN, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional dalam Rangka Mendukung Kebijakan Keuangan Negara Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid- 19).

Dan/Atau Menghadapi Ancaman Yang Membahayakan Perekonomian Nasional Dan/Atau Stabilitas Sistem Keuangan Serta Penyelamatan Ekonomi Nasional. 

PP tersebut mengatur diantaranya penempatan dana oleh pemerintah yang ditujukan untuk memberikan dukungan likuiditas kepada perbankan yang melakukan restrukturisasi kredit/pembiayaan.

Bank Peserta merupakan bank yang menerima Penempatan Dana Pemerintah dan menyediakan dana bagi Bank Pelaksana yang membutuhkan setelah melakukan restrukturisasi kredit/pembiayaan dan/atau memberikan tambahan kredit/pembiayaan modal kerja.

Atau tambahan kredit/pembiayaan bagi Bank Perkreditan Rakyat/Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dan perusahaan pembiayaan yang melakukan restrukturisasi kredit/pembiayaan dan/atau memberikan tambahan kredit/pembiayaan modal kerja.

New Normal, Begini Persiapan Perbankan

Bank Peserta paling sedikit memiliki kriteria sebagai berikut: (dilansir melalui siaran pers OJK yang diterima TRIBUNJOGJA.COM, pada Kamis (11/06/2020).

a. Merupakan bank umum yang berbadan hukum Indonesia, beroperasi di wilayah Indonesia, dan minimal 51 persen saham dimiliki oleh Warga Negara Indonesia
dan/atau badan hukum Indonesia;

b. Merupakan bank kategori sehat berdasarkan penilaian tingkat kesehatan bank oleh OJK; 

c. Termasuk dalam kategori 15 (lima belas) bank beraset terbesar;

d. Termasuk dalam investment grade menurut rating yang dikeluarkan oleh paling kurang 2 (dua) lembaga pemeringkat rating nasional/internasional yang berbeda yang telah diakui 
oleh OJK; 

e. Tingkat kesehatan minimal komposit 2 (dua) yang telah diverifikasi oleh OJK; 

f. bersedia untuk menandatangani surat kesediaan menjadi Bank Peserta.

Bank Pelaksana memiliki kriteria sebagai berikut: 

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved