Internasional

Arkeolog Ungkap Rahasia Kuno Mosaik Bergambar Anjing di Bekas Kota Pompeii

Sebuah mosaik berbahan kubu batu kecil yang disusun, bergambar hewan anjing serta tulisan “Cave Canem” menguak kisah kuno dan rahasianya.

bbc.co.uk
Bethany Hughes 

TRIBUNJOGJA.COM, POMPEII – Sebuah mosaik berbahan kubu batu kecil yang disusun, bergambar hewan anjing serta tulisan “Cave Canem” menguak kisah kuno dan rahasianya.

Dikutip Daily Express dan Sputniknews, Sabtu (6/6/2020), arkeolog Bethany Hughes mengatakan mosaik tersebut menjadi inspirasi bagi jutaan keset modern saat ini.

Cave Canem dalam bahasa latin sekarang artinya “Waspada, Anjing!”. Mosaik itu ditemukan di reruntuhan kota kuno Pompeii oleh para peneliti dan arkeolog.

Kota Romawi kuno Pompeii, terkubur di bawah lapisan abu vulkanik hasil letusan akbar Gunung Vesuvius hampir 2.000 tahun lalu.

Aliansi Politik Politisi Barat Meluncurkan Blok Baru Anti-Tiongkok

Pompeii terletak dekat kota Napoli (Naples), dan sekarang berada di wilayah Campania, Italia. Selama 1.600 tahun sejak petaka erupsi Vesuvius pada 79 Masehi, kota ini hilang.

Pompeii kini menjadi Situs Warisan Dunia Unesco. Terletak bermeter-meter di bawah permukaan tanah, Pompeii ditemukan kembali secara tak sengaja.

Kota Herculaneum ditemukan kembali pada 1738, dan Pompeii pada 1748. Kedua kota ini digali kembali dan terlihatlah semua bangunan-bangunan besar dan lukisan dinding yang masih utuh.

Sebenarnya, kota ini telah ditemukan kembali pada 1599 oleh Fontana yang menggali aliran baru sungai Sarno.

Tapi membutuhkan lebih dari 150 tahun kemudian barulah dilakukan kampanye besar membebaskan situs kuno ini dari timbunan tanah.

Penyelidikan selama bertahun-tahun menghasilkan sejumlah penemuan arkeologis yang menarik, yang menawarkan wawasan tentang kehidupan dan kebiasaan warga kekaisaran yang sudah lama hilang.

Halaman
123
Penulis: Setya Krisna Sumargo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved