Breaking News:

Internasional

Aliansi Politik Politisi Barat Meluncurkan Blok Baru Anti-Tiongkok

Aliansi Antar-Parlemen untuk Tiongkok terbentuk, terdiri perwakilan Inggris, Jepang, Kanada, Norwegia, Swedia, Jerman, Australia, Uni Eropa dan AS.

Sputniknews.com
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, MOSKOW – Konfrontasi lebih kuat kini ditengarai semakin mengemuka antara blok politik negara Eropa melawan Tiongkok.

Sebuah koalisi anggota parlemen dari 8 negara telah memprakarsai aliansi lintas parlementer baru yang bertujuan menantang ancaman akibat semakin meningkatnya pengaruh China secara global.

Aliansi Antar-Parlemen untuk Tiongkok terbentuk, terdiri perwakilan Inggris, Jepang, Kanada, Norwegia, Swedia, Jerman, Australia, Uni Eropa dan AS.

Aliansi itu berpendapat kerja sama internasional antara mereka diperlukan untuk memerangi apa kata mereka adalah ancaman Beijing terhadap nilai-nilai demokrasi versi mereka.

Fakta kehadiran aliansi baru ini diulas situs media Sputniknews.com, Sabtu (6/6/2020).

China Peringatkan Warganya Hati-hati Bepergian ke Australia

Dalam sebuah pernyataan, kelompok baru politisi itu mengatakan mereka bertujuan membangun tanggapan yang tepat dan terkoordinasi.

Aliansi juga membantu menyusun tanggapan proaktif dan strategis tentang masalah yang berkaitan dengan Republik Rakyat China.

Ketua bersama kelompok itu terdiri atas Senator Republik AS Marco Rubio dan Senator Demokrat Robert Menendez.

Ada mantan Menteri Pertahanan Jepang Gen Nakatani, anggota komite urusan luar negeri Parlemen Eropa Miriam Lexmann, dan anggota parlemen Konservatif Inggris yang terkenal, Duncan Smith.

“Waktunya telah tiba bagi negara-negara demokratis untuk bersatu dalam pertahanan bersama atas nilai-nilai kita bersama. Senang menjadi ketua bersama Aliansi Antar-Parlemen untuk Tiongkok,” cuit Duncan Smith lewat akun Twitternya.

Halaman
123
Penulis: Setya Krisna Sumargo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved