Kisah Jenderal Marinir Mantan Menteri Pertahanan Amerika yang Mengecam Presiden Donald Trump

jenderal (Purn) James Mattis mengungkapkan kecamannya kepada Presiden Donald Trump yang akan menggunakan kekuatan militer

MANDEL NGAN / AFP
James Mattis berbicara setelah upacara pelantikannya disaksikan oleh Presiden AS Donald Trump di Pentagon di Washington, DC 27 Januari 2017 

TRIBUNJOGJA.COM, WASHINGTON – Jenderal (Purn) James Mattis mengungkapkan kecamannya kepada Presiden Donald Trump yang akan menggunakan kekuatan militer.

Trump juga ingin menggunakan The Insurrectioin Act 1807, guna menghentikan kekerasan, penjarahan, perusakan di rangkaian protes atas pembunuhan George Floyd di Minneapolis.

Atas niat Trump yang diumumkan lewat akun Twitter, James Mattis menyebut Presiden AS berusaha melawan konstitusi.

Mattis menyebut Trump pemimpin yang tidak berusaha menyatukan rakyat Amerika, sebaliknya justru ingin memecahbelah.

Trump telah merespon kecaman Mattis lewat cuitan di akun Twitternya, Rabu (3/6/2020) malam waktu Washington, atau Kamis (4/6/2020) pagi WIB.

"Mungkin satu-satunya kesamaan antara Barack Obama dan saya adalah, kami berdua mendapat kehormatan memecat Jim Mattis, jenderal yang paling dibesar-besarkan di dunia,” cuit Trump.

“Saya menerima surat pengunduran dirinya (Mattis), merasa senang tentang hal itu. Julukannya adalah “Chaos”, yang saya tidak suka, saya mengubahnya menjadi “Mad Dog”, lanjut Trump.

James Norman Mattis memang memiliki julukan “Mad Dog”. Apakah benar Trump yang memberinya julukan “Mad Dog” pada Jenderal Marinir itu?

Dilihat dari kronologinya, ternyata tidak. Mattis mendapat julukan “Mad Dog” ketika ia memimpin peperangan di Irak, bertahun lalu.

Tepatnya saat pengepungan kota basis kelompok bersenjata Sunni, Fallujah. Sejarah mencatat momen suram itu sebagai “Battle of Fallujah”.

Halaman
1234
Penulis: Setya Krisna Sumargo
Editor: Iwan Al Khasni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved