Breaking News:

Bundesliga

Selebrasi “Justice For George Floyd” Sancho Bisa Berujung Sanksi dari PSSI Jerman. Ini Alasannya

Jadon Sancho bisa terkena sanksi dari Bundesliga untuk protesnya setelah mencetak gol ke gawang Paderborn, akhir pekan kemarin.

Penulis: Joko Widiyarso | Editor: Joko Widiyarso
Lars Baron / POOL / AFP
Jadon Sancho menunjukkan Tulisan "Justice for George Floyd" di bajunya saat ia merayakan gol kedua timnya. 

TRIBUNJOGJA.COM, DORTMUND - Jadon Sancho bisa terkena sanksi dari Bundesliga untuk protesnya setelah mencetak gol ke gawang Paderborn, akhir pekan silam.

Pemain internasional Inggris Sancho diberi kartu kuning setelah membuka kaus dengan memeprlihatkan tulisan “Justice For George Floyd” atau “'Keadilan untuk George Floyd” saat merayakan golnya untuk Borussia Dortmund.

Rekan setimnya Achraf Hakimi yang mencetak gol dalam kemenangan 6-1 bagi Dortmund, sebelumnya juga mengungkapkan pesan yang sama.

Perayaan mereka datang hanya beberapa jam setelah pemain depan Borussia Monchengladbach Marcus Thuram berlutut dengan mendukung gerakan “Black Live Matters” atau “Kehidupan Orang Afika-Amerika Penting” setelah mencetak gol melawan Union Berlin.

Demo di Amerika, Lautan Pendemo Tertahan di Jembatan Manhattan Selama Berjam-jam

Protes mereka dilakukan pada akhir pekan yang sama dengan aktivis di seluruh dunia yang telah menyerukan keadilan atas kematian Floyd.

Sebelumnya, Floyd tewas setelah lehernya ditindih dengan lutut selama lebih dari delapan menit saat ditahan oleh seorang polisi kulit putih, dan akhirnya meninggal di tempat kejadian di Minneapolis, Senin lalu.

Pada hari Senin pagi komite kontrol Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) mengonfirmasi bahwa mereka mengakui ada aksi protes yang dapat menyebabkan hukuman retrospektif.

Jadon Sancho (kanan) dan  Achraf Hakimi  (kiri)
Jadon Sancho (kanan) dan Achraf Hakimi (kiri) (Kolase Twitter B/R Football)

"Selama beberapa hari ke depan, panitia akan mengurus acara-acara ini dan memeriksa faktanya," kata Anton Nachreiner dari DFB.

Jika terbukti bersalah melanggar aturan Bundesliga, para pemain dapat didenda atau bahkan mendapat skorsing.

Tuai kritikan
Piara Powar, direktur eksekutif Fare Network anti-diskriminasi sepak bola, telah mengkritik langkah untuk menghukum tindakan tersebut.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved