Pentagon Tak Nyaman Presiden Trump Ingin Kerahkan Militer Tangani Aksi Protes

Presiden AS Donald Trump mengancam akan mengerahkan militer sepenuhnya guna meredakan aksi protes, kekerasan dan kerusuhan di berbagai kota.

abc
Trump meninggalkan podium 

TRIBUNJOGJA.COM, WASHINGTON – Presiden AS Donald Trump mengancam akan mengerahkan militer sepenuhnya guna meredakan aksi protes, kekerasan dan kerusuhan di berbagai kota.

Ia mengatakan, tentara akan mendominasi jalanan menghadapi para pemrotes, tanpa kerjasama dengan pemerintah lokal.

Pernyataan disampaikan Trump saat jumpa pers di Rose Garden Gedung Putih, Senin (1/6/2020) malam waktu Washington, atau Sabtu (2/6/2020) subuh WIB.

Jumpa pers dan pernyataan itu muncul bersamaan terjadinya bentrokan pemrotes dan polisi serta polisi militer di Taman Lafayette, dekat Gedung Putih.

Rusia Anggap AS Kini Kehilangan Hak Moral Menyoal Pelanggaran HAM di Negara Lain

Trump bahkan mengancam akan menggunakan Insurrection Act 1807, UU yang memberi kewenangan Presiden memadamkan pemberontakan dalam negeri.

Retorika Trump ini ditangkap secara tidak nyaman oleh elite Pentagon. Sejumlah pejabat Kemenhan AS itu kepada stasiun televise CNN ketidaknyamanan semakin meningkat di Pentagon.

Bahkan terasa sebelum jumpa pers Presiden Donald Trump di Gedung Putih Senin itu. Sebelumnya Trump lewat akun Twitternya menyatakan akan mengerahkan militer untuk menegakkan ketertiban.

Beberapa pejabat pertahanan memberi tahu CNN, mereka telah mencoba menanggapi dengan membuat alasan kuat situasinya belum memerlukan penggelaran pasukan tempur aktif.

Mengenal Antifa, Kelompok yang Dituding Donald Trump Sebagai Biang Rusuh di AS

Namun berbeda jika gubernur negara bagian membuat argumen yang jelas pasukan tersebut diperlukan.

"Ada keinginan kuat penegak hukum setempat untuk bertanggung jawab," kata seorang pejabat pertahanan.

Halaman
12
Penulis: Setya Krisna Sumargo
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved