Jawa

KBM Mandiri di Rumah Siswa di Kabupaten Magelang Diperpanjang Mulai 30 Mei 2020

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara mandiri di rumah untuk para siswa di sekolah di Kabupaten Magelang kembali diperpanjang mulai tanggal 30 Mei 20

Shutterstock via kompas.com
Ilustrasi virus corona 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara mandiri di rumah untuk para siswa di sekolah di Kabupaten Magelang kembali diperpanjang mulai tanggal 30 Mei 2020.

KBM mandiri secara daring ini akan dilaksanakan sampai ada Keputusan Presiden yang menetapkan berakhirnya status bencana nasional Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Aziz Amin Mujahidin, mengatakan, kebijakan perpanjangan KBM secara mandiri di rumah ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Nomor 440.1/11927/04.1a/2020 tentang Perpanjangan masa KBM secara mandiri di rumah pada satuan pendidikan di Kabupaten Magelang.

Dalam SE tersebut, KBM daring atau online diperpanjang mulai 30 Mei 2020 sampai ditetapkannnya Keputusan Presiden tentang penetapan berakhirnya status bencana non alam Covid-19 sebagai bencana nasional.

Update Covid-19 di Kabupaten Magelang 31 Mei 2020, Bertambah 4 Pasien Positif yang Sembuh

"KBM mandiri di rumah kembali diperpanjang mulai tanggal 30 Mei 2020. Hingga ada keputusan presiden tentang berakhirnya bencana nasional Covid-19," kata Aziz, Senin (1/6/2020).

Kegiatan Belajar Mengajar Mengacu Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 dilakukan secara mandiri di rumah secara jarak jauh melalui sistem online atau daring dengan memanfaatkan media yang adaptif.

Hal ini dilaksanakan guna mewujudkan pendidikan yang bermakna melalui interaksi pembelajaran yang menyenangkan dan tidak memberatkan peserta didik, materi pembejaran daring diintegrasikan dengan pencegahan Covid-19, pendidikan karakter dan peningkatan keimanan dan ketakwaan.

Selain itu juga menimbang Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 440.1/11310/04. la/ 2020 tanggal 26 Maret 2020 perihal Layanan Penyelenggaraan Pendidikan Dalam Rangka Pencegahan Penularan dan Penyebaran Infeksi Covid-19 di Kabupaten Magelang masih tetap berlaku dan merupakan satu kesatuan dengan Surat Edaran ini, sampai dengan ditetapkannya kebijakan baru.

"KBM akan tetap dilakukan secara mandiri di rumah secara jarak jauh melalui sistem online atau daring dengan memanfaatkan media yang adaptif. Pembelajaran harus menyenangkan dan tidak memberatkan peserta didik. Materinya, mesti diintegrasikan dengan pencegahan Covid-19, pendidikan karakter dan peningkatan keimanan dan ketakwaan," tutur Aziz.

Masa Tanggap Darurat Covid-19 di Kabupaten Magelang Diperpanjang Hingga Ada Keputusan Presiden

Aziz mengatakan, perpanjangan waktu belajar di rumah ini diambil dengan mempertimbangkan pandemi Covid-19 dan mencegah risiko penularan penyakit. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pun dilaksanakan secara mandiri di rumah.

"Hal ini dilaksanakan untuk mencegah penyebaran covid-19 dan memotong mata rantai penyebaran virus corona," katanya.

KBM mandiri di rumah para siswa di Kabupaten Magelang sendiri telah mengalami beberapa kali masa perpanjangan. Terakhir KBM mandiri diperpanjang sampai 13 Mei 2020. Lalu diperpanjang lagi hingga kemarin. Kini diperpanjang lagi mulai tanggal 30 Mei 2020.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved