Yogyakarta

Membaca Zaman ala Old Skull The Big Book

Salah satu pegiat komik yang lama berproses di Yogyakarta, Sapto Raharjo atau akrab disapa Athonk, bisa disebut menjadi satu role model bagaimana komi

Dok Pri
Buku kumpulan komik Old Skull The Big Book karya Athonk 

Laporan Reporter Tribun Jogja Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Skema perkomikan di tanah air terus tumbuh seiring berkembangnya isu kekinian dan meluasnya ide yang disuarakan melalui corong gambar yang kerap bernada satir dan kocak ini.

Salah satu pegiat komik yang lama berproses di Yogyakarta, Sapto Raharjo atau akrab disapa Athonk, bisa disebut menjadi satu role model bagaimana komikus tetap aktif dan konsisten menyuarakan ide dan menyajikan beragam fakta kehidupan sosial di tanah air.

Sebuah buku kumpulan komik gubahan Athonk bertajuk Old Skull, The Big Book baru saja diterbitkan di bawah bendera Pabrik Tulisan.

Athonk menuturkan, Old Skull merupakan kumpulan komik baris atau comic strip yang ia kerjakan berdasarkan pengalaman hidupnya selama ini.

Menilik Sejarah Komik di Yogyakarta Komik Weeks

Terkadang Athonk membuat cerita berdasarkan obrolan dengan temannya, yang menurutnya dianggap menarik untuk diceritakan ulang lewat Old Skull.
Old Skull sendiri memiliki tempat yang istimewa bagi Athonk.

"Old Skull adalah dokumentasi pribadi saya, jejak rekam peristiwa peristiwa penting yang terlalu berharga untuk saya dilewatkan," ungkap Athonk.

Bila menilik karakter komik Old Skull dan membandingkan dengan tampilan Athonk sesungguhnya, maka pembaca bakal merasakan karakter kuat Athonk dihadirkan dalam sosok tengkorak, dengan rambut mohawk.

Dalam bukunya, Old Skull hadir tak hanya dalam bahasa Indonesia saja. Sesekali Old Skull muncul menggunakan bahasa Inggris.

Baris komik Athonk bisa disebut sebagai jurnalisme komik tentang dunia yang terpinggirkan dan mungkin juga selama ini masih tertutup dan ini membuat pengungkapannya menjadi kontribusi sosial yang berharga.

Brasil Larang Penjualan Komik Avengers Terbitan 2010 Berjudul Childrens Crusade

Halaman
12
Penulis: Yudha Kristiawan
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved