Bantul

Gelombang Pasang Terjang Deretan Pantai di Bantul

Kapolsek Srandakan, Kompol Muryanto pun mengatakan, gelombang pasang yang juga menerjang Pantai Cangkring, hingga Pantai Pandansimo tersebut mulai ter

Istimewa
Jajaran Polsek Srandakan saat meninjau kawasan Pantai Baru, Bantul, setelah dilanda gelombang pasang, pada Kamis (28/5/2020) siang 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Gelombang pasang melanda deretan pantai selatan di Kabupaten Bantul, mulai dari Pantai Baru, hingga Pantai Parangtritis.

Beruntung, gelombang dengan ketinggian mencapai 5-6 meter tersebut, tidak sampai merusakkan bangunan di sekitaran bibir pantai.

Kapolsek Srandakan, Kompol Muryanto pun mengatakan, gelombang pasang yang juga menerjang Pantai Cangkring, hingga Pantai Pandansimo tersebut mulai terjadi sejak pukul 09.00.

Namun, imbuhnya, gelombang pasang ini mencapai puncak ketinggian satu jam setelahnya.

Gelombang Laut Tinggi Diprediksi Berlangsung hingga 29 Mei, SAR Tetap Waspada

"Air menerjang sampai jarak 50 meter dari bibir pantai ya, sekitar pukul 10.00 kejadiannya," katanya, ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (28/5/2020) sore.

Walau begitu, ia memastikan, warung-warung yang berada di sekitaran bibir pantai, terbebas dari kersusakan meski air melanda hingga daratan.

Begitu juga dengan perahu, atau kapal-kapal milik nelayan masyarakat setempat, yang sudah lebih dahulu diselamatkan ke daerah aman.

"Warga dan nelayan sudah melakukan evakuasi kapal ya, ke tempat yang aman. Lalu, para pemilik warung juga sudah memindahkan dagangannya," ucap Muryanto.

Ratusan Bangunan di Pesisir Selatan Gunungkidul Rusak Dihantam Gelombang Laut

Sementara itu, salah seorang nelayan yang sehari-harinya beraktivitas di Pantai Depok, Henri, mengungkapkan bahwa gelombang pasang sudah beberapa kali terjadi sejak Senin (26/5/2020) silam.

Sehingga, dirinya bersama rekan-rekan seprofesi pun dengan sigap mengantisipasinya.

"Kapal-kapal sudah kami pindahkan semua. Sedangkan para pemilik rumah makan seafood di Pantai Depok juga sudah mengevakuasi perabotannya ya, seperti meja dan kursi ke lokasi yang aman, agar tidak rusak diterjang gelombang pasang ini," ungkapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved