Breaking News:

Pemerintah Terapkan Aturan Ketat Protokol Kesehatan di Bandara bagi yang Ingin Masuk Indonesia

Protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19, untuk kepulangan WNl dan Kedatangan WNA dari luar negeri

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Yoseph Hary W
bbc.com
ILUSTRASI - Para petugas memindahkan troli di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta (Reuters via bbc.com). PT Angkasa Pura II mengumumkan secara resmi bahwa jasa untuk tenaga angkut atau lebih dikenal dengan sebutan porter di Bandara Soekarno Hatta sejak Jumat (1/9/2017) digratiskan. Sejak Jumat, (1/9/2017) pula sebutan porter yang bertugas atau bekerja mengangkat barang-barang milik penumpang di bandara diubah namanya menjadi airport helper dan pengumpul troli. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Warga negara Indonesia (WNI) maupun warga negara asing (WNA) yang ingin masuk ke Indonesia harus mengikuti protokol kesehatan yang dibuat Pemerintah.

Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto telah menetapkan penanganan kesehatan bagi mereka yang masuk ke Indonesia.

Sudah ada dua bandara yang dijadikan penerapan protokol kesehatan yaitu, Bandar Udara Soekarno Hatta di Jakarta, dan Banda Udara Juanda di Surabaya.

“Dalam rangka efektivitas pencegahan penyebaran Covid-19, untuk kepulangan WNl dan Kedatangan WNA dari luar negeri harus mengikuti langkah-langkah penanganan yang telah ditetapkan di Bandar Udara Soekarno Hatta dan Bandar Udara Juanda,” jelas Menkes melalui keterangan tertulis yang diterima TRIBUNJOGJA.COM, pada Senin (25/05/2020).

Langkah penanganan yang harus dilakukan antara lain:

1. Terhadap WNI/WNA yang membawa health certificate yang membuktikan hasil
pemeriksaan PCR negatif Covid-19:

a. Dilakukan pemeriksaan kesehatan tambahan kecuali rapid test atau
PCR.

b. Jika tidak ditemukan penyakit atau faktor risiko pada pemeriksaan
kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) menerbitkan klirens kesehatan dan Health Alert Card (HAC) kepada yang bersangkutan.

c. Dapat melanjutkan perjalanan ke daerah asal atau tujuan dengan membawa surat jalan dari pihak Satgas Penanganan Covid-19 dan selalu menerapkan protokol kesehatan termasuk memakai masker selama perjalanan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved