H+2 Lebaran, Aktivitas di Terminal Giwangan Masih Lengang

Terminal Giwangan lengang di H+2 Lebaran. Tidak tampak ada peningkatan kedatangan penumpang yang menggunakan transportasi darat

Irvan Riyadi /tribun jogja
Suasana di Terminal Giwangan pada H+2 Lebaran lengang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Irvan Riyadi

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYAKARTA - Suasana di Terminal tipe A Giwangan Yogyakarta masih lengang, pada H+2 Lebaran pada Selasa (26/5/2020).

Belum ada peningkatan aktifitas kedatangan, maupun keberangkatan.

Khususnya untuk bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP), berdasarkan penuturan Aji Fajar Windrato, pengelola administrasi terminal Giwangan, bahwa hingga kini, rata-rata jumlah bus AKAP yang beroperasi, kurang dari 20 kendaraan.

"Untuk kendaraan, rata-rata dibawah 20 perhari, sementara penumpang, rata-rata kurang dari 50 orang perhari, khusus AKAP," ujar Aji Fajar, Selasa (26/5).

Menurutnya, keadaan tersebut memang sudah berlangsung sejak diberlakukannya larangan mudik.

"Kalau untuk AKAP jarak jauh, dengan tujuan seperti Jakarta, misalnya, itu pun cuma dua yang beroperasi. Dan penumpangnya pun, hampir tidak ada dari sini dan tiba di sini (terminal)," tambahnya.

Ha itu, menurut Aji, karena bus terkait memiliki beberapa titik penjemputan penumpang, baik di terminal Jombor, maupun melalui perwakilan masing-masing.

Namun ia menegaskan, perihal data penumpang yang berangkat maupun yang tiba melalui terminal tipe A Giwangan, selalu diperbaharui setiap hari.

"Yang valid sampai tanggal 25, kita sudah fix (datanya), sementar untuk tanggal (26/5) hari ini, masih berjalan (datanya)," tambah Aji.

Terkait apakah ada peningkatan pemantauan maupun pemeriksaan terkait arus balik, ia menegaskan, belum ada upaya tertentu terkait hal itu.

Sekalipun, baik keberangkatan, maupun kedatangan untuk bus atau kendaraan AKAP jarak dekat yang masih beroperasi rutin, ia menegaskan jumlahnya masih belum ada peningkatan dari sebelum hari lebaran.

"Karena, di terminal ini, memang sudah agak sepi, lama. Kecuali AKAP jarak dekat. Itu semua sudah terpantau dan selalu rutin datanya masuk, karena berangkatnya memang dari sini," ujarnya.

(*/air/ Tribunjogja.com )

Penulis: Irvan Riyadi
Editor: Yoseph Hary W
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved