Breaking News:

Candi Prambanan dan Ratu Boko Akan Dibuka Mulai 8 Juni 2020, Jadi Pilot Project New Normal

Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko di wilayah Sleman akan menjadi pilot project new normal pariwisata nasional. Rencananya dibuka mulai 8 Juni 2020

Penulis: Santo Ari
Editor: Yoseph Hary W
TRIBUNJOGJA.COM / Setya Krisna Sumargo
Candi Prambanan 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dua destinasi wisata Jogja berupa candi yang ada di Sleman, yakni Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko, direncanakan akan dibuka pada 8 Juni 2020. Kedua destinasi wisata Jogja tersebut akan dijadikan pilot project new normal pariwisata nasional.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kabupaten Sleman, Sudarningsih menjelaskan, untuk sementara ini hanya dua lokasi wisata di bawah pengelolaan PT Taman Wisata Candi (TWC) yang akan dibuka pada bulan Juni.

ILUSTRASI - Umat Hindu berarak ke kompleks Candi Prambanan untuk melakukan ritual Abhiseka, Selasa (12/11/2019).
ILUSTRASI - Umat Hindu berarak ke kompleks Candi Prambanan untuk melakukan ritual Abhiseka, Selasa (12/11/2019). (TRIBUNJOGJA.COM / Santo Ari)

Sedangkan Destinasi wisata di DI Yogyakarta yang lain, masih menunggu ketentuan provinsi.

"Ya sementara baru yang di bawah kewenangan PT TWC. Kami sedang mempersiapkan semuanya (destinasi wisata lain). Kami sudah sepakat untuk bersama-bersama Dispar se DIY. Jogja kan termasuk pilot project Kemenpar," terangnya, Selasa (26/5/2020).

Saat ini pihaknya tengah merampungkan prosedur tetap dalam membuka destinasi wisata termasuk manajemen visitor serta melatih Sumber Daya Manusia (SDM) di destinasi wisata.

Ia pun mengungkapkan bahwa dalam minggu ini pihaknya akan rapat koordinasi dengan pengelola desa wisata, destinasi wisata lain, serta BPCB yang mengelola candi-candi lain yang ada di wilayah Sleman.

"Rapat koordinasi ini untuk mempersiapkan segala sesuatunya, kalau se waktu-waktu akan di buka," ujarnya.

Sudarningsih memaparkan, hal utama yang harus diterapkan oleh pengunjung ketika destinasi wisata mulai dibuka adalah mematuhi segala protokol WHO.

Ilustrasi cover/ Candi Ratu Boko
Ilustrasi cover/ Candi Ratu Boko (instagram.com/amrabdrhmn)

Ia pun menyebut bahwa 62 destinasi wisata dan desa wisata di Sleman saat ini juga sudah dilengkapi dengan wastafel untuk memudahkan pengunjung mencuci tangan.

Pihaknya pun melengkapi destinasi wisata dengan thermo gun. Agar dapat nyaman berwisata, ia juga berharap agar pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan pakai sabun, kalau ada gejala segera hubungi petugas kesehatan," tutupnya.

(*/nto/ Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved