Bisnis

Pertamina Berdayakan UMKM untuk Memproduksi Kebutuhan Barang dan Jasa saat Pandemi Corona

Pertamina berdayakan mitra binaanya untuk turut memproduksi barang dan jasa kebutuhan Pertamina yang digulirkan sebagai bantuan masyarakat di masa pan

ist
Logo Pertamina 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Pertamina berdayakan mitra binaanya untuk turut memproduksi barang dan jasa kebutuhan Pertamina yang digulirkan sebagai bantuan masyarakat di masa pandemi Corona.

Sebanyak 596 UMKM Mitra binaan Pertamina dan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Pertamina diberdayakan untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (persero), Fajriyah Usman menyampaikan, tercatat hingga pertengahan Mei 2020 pencapaian penjualan sudah menembus lebih dari Rp4 miliar.

“Penjualan produk dan jasa UMKM Mitra binaan dibawah RKB BUMN Pertamina sudah menyentuh angkat Rp1,2 miliar sedangkan UMKM mitra binaan Pertamina melalui Program Kemitraan telah mencapai lebih dari Rp2,98 miliar” jelas Fajriyah melalui keterangan tertulis yang diterima TRIBUNJOGJA.COM, pada Senin (25/05/2020).

Tetap Salurkan BBM dan LPG Selama Pandemi COVID-19, Pertamina Berikan Apresiasi ke Awak Mobil Tangki

Fajriyah menyampaikan bahwa semenjak covid-19, mitra binaan Pertamina lebih adaptif terhadap perubahan. Mereka jadi lebih kreatif dan inovatif melihat peluang Pemasaran dimasa pandemi ini.

“Sebanyak 420 UMKM Mitra RKB Pertamina memproduksi barang dan jasa kebutuhan penanggulangan bantuan covid-19. Sedangkan sebanyak 176 UMKM Mitra Binaan unggulan Pertamina yang masuk dalam program kemitraan juga telah diberdayakan agar bisa tetap produktif di masa pandemi," sambung Fajriyah.

Produk yang diproduksikan oleh Mitra Binaan, lanjut Fajriyah adalah produk yang dibutuhkan oleh Pertamina untuk bantuan ke masyarakat berupa multivitamin, madu, sabun, hand sanitizer, disinfektan, alat pelindung diri atau masker kain non medis, minuman kesehatan seperti jahe, kuliner hingga jasa pengelasan yang dapat mendukung upaya pencegahan covid-19.

Mitra Binaan unggulan yang melalui program kemitraan Pertamina tersebar di seluruh Indonesia dan dikoordinir oleh Pertamina Pemasaran atau Marketing Operation Region dan Pertamina Pengolahan atau Refinery Unit.

Pertamina Pastikan Persediaan LPG Aman Saat Lebaran

Untuk memperkuat capaian tersebut, Pertamina juga telah mengaktifkan 29 Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang hingga saat ini, RKB telah membawahi 6518 mitra binaan.

Rumah kreatif BUMN adalah rumah bersama untuk berkumpul belajar dan membina para pelaku UKM menjadi UKM Indonesia yang berkualitas serta sebagai wadah bagi langkah kolaborasi BUMN dalam bentuk digital economy system melalui pembinaan bagi UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM yang berdaya saing tinggi. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved