Ini Hasil Survei Belanja Online Selama Ramadan

Sebanyak 45 persen responden menghabiskan sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1.999.999 untuk membeli kebutuhan lebaran di tahun ini.

istimewa
ilustrasi realme Belanja Online Cukup Dari Rumah #DiRumahAja 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Situs meta-search iPrice bekerja sama dengan Jakpat melakukan survei perilaku belanja online masyarakat Indonesia selama bulan Ramadhan dan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Survei tersebut meliputi e-commerce yang sering digunakan, anggaran yang disediakan, produk yang paling banyak dicari, waktu berbelanja online, dan sebagainya.

Terdapat sembilan pertanyaan yang disebar ke 1.000 responden muslim di seluruh Indonesia.

Survei dilakukan tanggal 13-14 Mei 2020. Berikut adalah beberapa temuan menarik dari hasil survei tersebut.

Lebih sering belanja setelah sahur iPrice mencatat peningkatan aktivitas berbelanja selama pukul 04.00-10.00 di bulan Ramadan tahun ini.

Di bulan biasa hanya 15 persen responden berbelanja pada jam tersebut. Selama Ramadan, 18 persen responden berbelanja online saat jam sahur hingga jam 10 pagi.

"Selain itu, pada jam tengah malam (00.00-03.00) juga terjadi peningkatan sebanyak 2 persen dari bulan biasanya," tulis iprice dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Sabtu (23/5/2020).

Dompet digital mulai jadi pilihan iPrice juga menemui tren penggunaan e-wallet dan e-money yang kian populer untuk belanja online. Metode pembayaran e-wallet dan e-money mulai menjadi pilihan pembayaran utama ketika berbelanja online.

Survei menunjukkan, 30 persen dari responden menggunakan transfer bank sebagai metode pembayaran, 26 persen menggunakan e-wallet atau e-money, 25 persen memilih untuk cash on delivery.

Sedangkan 14 persen responden menggunakan offline payment di gerai ritel, seperti Alfamart dan Indomart, 3 persen menggunakan kartu debit, dan hanya 2 persen menggunakan kartu kredit. Shopee paling populer

Halaman
12
Editor: ribut raharjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved