Daerah Istimewa Yogyakarta Siapkan Protokol Hadapi New Normal

Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) masih menyusun protokol untuk menghadapi the new normal (normal baru) pasca pandemi COVID-19.

TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI
Pemandangan Diorama Tugu Pal Putih, Kota Yogyakarta, Rabu (25/3/2020). Plat logam berbahan tembaga yang digunakan dalam membuat visualisasi garis imajiner hilang 

TRIBUNJOGJA.COM, Yogyakarta - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih menyusun protokol untuk menghadapi new normal (normal baru) pasca pandemi COVID-19.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan seluruh sektor membutuhkan protokol baru untuk pasca pandemi, mulai dari sektor pendidikan, ekonomi, termasuk pariwisata.

Menurut dia, saat ini masyarakat harus siap untuk menghadapi new normal.

Masyarakat perlu mengembangkan diri, di sisi ekonomi juga harus berjalan.

"Saat ini sedang kita susun (protokol baru), yang jelas protokol kesehatan nomor satu. Nanti pendidikan seperti apa, apakah kelas diisi setengah, atau sebagian melaksanakan online. Fasilitas cuci tangan, dan lain-lain,"katanya kepada wartawan di Kepatihan, Jumat (22/05/2020).

"Pariwisata juga sedang kita susun, tempat wisata, restoran, hotel, kehidupan di pasar, semua kita susun. Yang jelas protokol social distancing, cuci tangan, pakai masker kita terapkan,"sambungnya.

Ia melanjutkan APBD DIY maupun ABPN sangat terbatas, sehingga aktivitas ekonomi perlu mulai berjalan.

"Yang jelas bansos kita sampai bulan Juni, paling tidak  Juli kita harus sudah mulai bergerak. Makanya kita cermati betul-betul. Tim gugus tugas kan memiliki bidang-bidang, pendidikan, ekonomi, dan lain-lain,"lanjutnya.

Sementara itu, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menyebut DIY siap untuk menghadapi new normal.

Ketua Pelaksana Tim Percepatan Partisipasi Masyarakat Penanggulangan Pandemi COVID-19 PB IDI, Andriyanto Purnawan mengatakan melatih kesadaran masyarakat untuk menghadapi new normal.

Halaman
123
Penulis: Tribun Jogja
Editor: Iwan Al Khasni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved