Kesehatan

Tidak Ada Batasan Konsumsi Telur Per Hari, Kecuali bagi Orang dengan Penyakit Penyerta

Untuk anak-anak, tidak ada batas maksimal konsumsi telur karena masih dibutuhkan untuk pertumbuhan.

Amarita via kompas.com
Ilustrasi telur rebus 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL – Telur banyak digandrungi sebagai menu makanan semua kalangan karena selain bernilai gizi tinggi juga memiliki harga terjangkau.

Ketua Program Studi S-1 Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM, R. Dwi Budiningsari, S.P, M.Kes, Ph.D. menjelaskan, kandungan gizi telur di antaranya protein bernilai tinggi, lemak, vitamin A, B, D, E, mineral, seperti zat besi, selenium, fosfor, yodium, dan asam amino yang cukup lengkap.

Dwi menerangkan, konsumsi maksimal telur per hari tergantung kondisi masing-masing orang.

Untuk anak-anak, kata dia, tidak ada batas maksimal karena masih dibutuhkan untuk pertumbuhan.

Dengan catatan perlu diperhatikan juga konsumsi sumber protein lainnya pada hari tersebut.

Apabila dalam sehari juga menyantap daging ayam, ikan, atau jenis daging yang lain, dianjurkan tidak lebih dari empat butir telur per hari karena kelebihan asupan protein juga tidak baik untuk tubuh.

Selain itu, untuk orang dewasa sehat yang tidak memiliki penyakit penyerta, konsumsi 1-2 telur dalam sehari juga masih aman dikonsumsi.

Namun, bagi anak-anak dan orang dewasa sehat harus tetap diperhatikan prinsip gizi seimbang dan isi piringku, yaitu mengonsumsi makanan yang beraneka ragam sehingga harus diimbangi dengan konsumsi bahan makanan sumber zat gizi lainnya.

“Yang perlu diwaspadai adalah yang punya peyakit penyerta. Telur mengandung 185 mg kolesterol yang lebih dari separuh kebutuhan kolesterol harian. Kolesterol telur terutama di dalam kuningnya,” ujarnya saat dihubungi Tribunjogja.com, Kamis (21/5/2020).

Halaman
12
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved