MUI: Sebaiknya Shalat Idul Fitri di Rumah Saja demi Hindari Penularan Covid-19

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Zaidi mengingatkan umat Islam untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah demi menghindari penularan Co

TRIBUNJOGJA.COM / Christi Mahatma
Warga Lereng Merapi melaksanakan salat Idul Fitri di lapangan INSTIPER, Kalitengah Kidul, Glagaharjo, Cangkringan,Sleman, Rabu (5/6/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Zaidi mengingatkan umat Islam untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah demi menghindari penularan Covid-19.

Menurut Abdullah, shalat Idul Fitri sifatnya sunah, sehingga tidak wajib untuk dilaksanakan.

Selama pandemi, shalat Jumat yang bersifat wajib saja bisa diganti dengan shalat zuhur di rumah, apalagi shalat yang sifatnya sunah.

"MUI mempunyai pertimbangan agar untuk menekan merebaknya wabah corona ini sebaiknya kita shalat di rumah masing-masing," kata Abdullah usai menghadiri sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Jumat (22/5/2020).

"Shalat Jumat saja kita menyampaikan dapat kita laksanakan di rumah secara sendiri ataupun berjemaah, itu yang wajib, apalagi shalat Idul Fitri yang sunah," tuturnya.

Abdullah mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya telah menerbitkan Fatwa Nomor 28 Tahun 2020 tentang Shalat Idul Fitri Saat pandemi Covid-19.

Dalam fatwa itu, MUI menegaskan bahwa shalat Idul Fitri dapat dilaksanakan di rumah akibat suasana wabah.

Bukan melarang shalat
Hal ini, kata Abdullah, bukan berarti MUI hendak melarang shalat. Pihaknya semata-mata ingin mencegah terjadinya kemudharatan.

"Di sana sini dikatakan dilarang shalat Idul Fitri, bukan dilarang, tetapi kita ini hendaknya menghindarkan kerusakan, menghindarkan kemudharatan," ujarnya.

Meski mendung menggelayut tak menyurutkan ribuan umat Islam melaksanakan ibadah salat Idul Fitri di Gumuk Pasir Parangkusumo di Dusun Mancingan, Parangtritis, Rabu (5/6/2019). Dalam kesempatan kali ini yang ditunjuk sebagai imam dan khotib adalah Khoiruddin Bashori yang juga selaku Ketua LP3M PP Muhammadiyah.
Meski mendung menggelayut tak menyurutkan ribuan umat Islam melaksanakan ibadah salat Idul Fitri di Gumuk Pasir Parangkusumo di Dusun Mancingan, Parangtritis, Rabu (5/6/2019). Dalam kesempatan kali ini yang ditunjuk sebagai imam dan khotib adalah Khoiruddin Bashori yang juga selaku Ketua LP3M PP Muhammadiyah. (TRIBUNJOGJA.COM / Santo Arie H)

Memang dalam Fatwa Nomor 28 Tahun 2020 MUI disebutkan bahwa shalat Idul Fitri dapat digelar di luar rumah bagi daerah zona hijau Covid-19.

Halaman
123
Editor: Joko Widiyarso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved