Kontroversi Donald Trump Lawan Covid-19: Minum Hidroksiklorokuin Tiap Hari tapi Tolak Pakai Masker

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membuat pernyataan mengejutkan, yang mengaku telah rutin mengonsumsi obat malaria hidroksilorokuin guna men

AFP/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/Sarah Silbiger
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menunjuk sebuah infografik dengan tulisan China selama konferensi pers dengan anggota Gugus Tugas Virus Corona di Washington DC, 18 April 2020. 

TRIBUNJOGJA.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membuat pernyataan mengejutkan, yang mengaku telah rutin mengonsumsi obat malaria hidroksilorokuin guna mencegah tertular Covid-19.

Pengakuan itu diucapkannya pada Senin (18/5/2020), meski pemerintahannya sudah menyatakan hidroksiklorokuin tidak cocok untuk mengobati virus corona.

Trump memang tak akan lepas dari kontroversi. Sebelumnya, ia bahkan menyatakan meolak menggunakan masker di depan publik, padahal hal itu telah direkomendasikan oleh WHO.

Trump yang sudah dites Covid-19 dan tanpa gejala mengatakan, ia telah rutin meminum obat itu "selama sekitar 1,5 minggu."

"Saya minum satu pil setiap hari," katanya dikutip dari AFP, seraya menambahkan konsumsi itu dilakukannya sebagai tindakan pencegahan.

Lalu saat ditanya alasannya, Trump menjawab "Karena saya pikr itu bagus. Saya sudah mendengar banyak kabar bagus."

Trump sering memandang sebelah mata bahaya virus corona, termasuk pekan lalu saat Covid-19 hanya mengancam sebagian kecil orang.

KONI DIY Terima Bantuan Thermometer Infrared dari PMI DIY untuk Cek Suhu Tubuh

Dia juga dengan tegas menolak pakai masker, meski sebagian besar stafnya telah mengenakan masker termasuk saat berbicara di depan publik.

Sebaliknya, presiden ke-45 AS itu terus mempromosikan hidroksiklorokuin, walaupun banyak dokter berpikir itu tidak manjur untuk pasien virus corona dan regulator pemerintah AS mengatakan "belum terbukti aman".

Mengenal Avigan dan Klorokuin, Obat untuk Pasien Virus Corona COVID-19 yang Didatangkan Pemerintah
Mengenal Avigan dan Klorokuin, Obat untuk Pasien Virus Corona COVID-19 yang Didatangkan Pemerintah (Shutterstock via Kompas.com)

Pernyataan Trump tentang konsumsi hidroksiklorokuin ini datang tiba-tiba. "Anda akan terkejut melihat banyaknya orang yang meminumnya, terutama para pekerja di garis depan sebelum Anda mengetahuinya."

Halaman
1234
Editor: Joko Widiyarso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved