Komplikasi Mematikan COVID-19 : Serangan Jantung, Gagal Jantung Hingga Stroke

Makalah baru dari UVA Health's William Brady, MD, dan rekannya menunjukan bahwa COVID-19 dapat menyebabkan komplikasi kardiovaskular

covid19.go.id
Virus Corona 

TRIBUNJOGJA.COM - Makalah baru dari UVA Health's William Brady, MD, dan rekannya menunjukan bahwa COVID-19 dapat menyebabkan komplikasi kardiovaskular yang serius termasuk gagal jantung, serangan jantung dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan stroke.

Mereka juga mengingatkan bahwa perawatan COVID-19 dapat berinteraksi dengan obat-obatan yang digunakan untuk mengelola kondisi kardiovaskular pasien lainnya.

Adapun makalah ini disusun untuk sebagai panduan bagi dokter pengobatan darurat yang merawat pasien yang mungkin memiliki atau diketahui memiliki COVID-19.

Para penulis mencatat bahwa banyak perhatian telah diberikan pada komplikasi (pernapasan) paru COVID-19, tetapi sedikit yang telah dikatakan tentang komplikasi kardiovaskular yang dapat menyebabkan kematian atau kerusakan yang berlangsung lama.

"Dalam menulis artikel ini, kami berharap dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran dokter darurat tentang patogen baru ini dan dampaknya terhadap sistem kardiovaskular," kata Brady, dari Departemen Kedokteran Darurat UVA.

"Ketika kita menjumpai semakin banyak pasien dengan penyakit yang berhubungan dengan COVID-19, pemahaman kita meningkat tentang dampaknya pada tubuh secara umum dan sistem kardiovaskular pada khususnya. Tingkat pembelajaran pada bidang ini sangat cepat," katanya.

COVID-19 dan Gagal Jantung

Gagal jantung adalah masalah khusus pada pasien dengan COVID-19. Satu studi, penulis artikel menemukan bahwa hampir seperempat pasien COVID-19 - 24% - menderita gagal jantung akut ketika mereka pertama kali didiagnosis virus corona.

Namun perlu dicatat bahwa ini tidak berarti bahwa 24% dari semua pasien COVID-19 akan menderita gagal jantung.

Mereka menyatakan bahwa memangbelum jelas apakah gagal jantung ini merupakan efek khusus COVID-19 atau COVID-19 memperburuk gagal jantung yang tidak terdiagnosis.

Halaman
12
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved