Ramadhan 2020

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, Rabu 20 Mei Wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya dan Medan

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, Rabu (20/5/2020), untuk wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Jadwal Imsakiyah Ramadan 2020 wilayah Yogyakarta, Solo, Semarang dan sekitarnya 

TRIBUNJOGJA.COM - Jadwal Imsakiyah puasa Ramadhan 2020, Rabu (20/5/2020), khusus wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Hadis yang akan dibagikan Tribunjogja.com kali ini adalah tentang kekuatan solidaritas kemanusiaan.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW pernah memberikan perumpamaan kekuatan solidaritas kemanusiaan dan tiga pola interaksi yaitu saling mencintai, saling menyayangi, dan saling berempati.

Hadis solidaritas kemanusiaan.
Hadis solidaritas kemanusiaan. (https://bimasislam.kemenag.go.id)

"Dari Nu’man bin Basyir dia berkata: Rasulullah SAWBersabda, “Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal saling mencintai, menyayangi, dan mengasihi bagaikan satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuhnya akan ikut terjaga (tidak bisa tidur) dan panas (turut merasakan sakitnya),” (HR. Bukhari dan Muslim).

Menurut penjelasan dari laman Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, Kalimat “tawâddihin (saling mencintai)“ diartikan ketulusan cinta antara individu dengan lainnya.

Secara tersirat, hadis ini melarang umat Islam bersikap tahâsud (saling dengki) dan tabâghudh (saling membenci) karena akan melahirkan permusuhan dan perpecahan.

Kemudian, kalimat “tarâhumihim (saling menyayangi)” yaitu ikatan ruhiyah yang kuat, bahkan lebih kuat dari ikatan persaudaraan atau kekerabatan.

Kalimat “tarâhumihim” menunjukkan rasa solidaritas dalam mewujudkan cita-cita bersama dalam membangun dan mensyiarkan Islam.

Sikap "tarâhum" juga dijelaskan dalam firman Allah SWT:

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya". (Qs. al-Mâidah/5:2)

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Yoseph Hary W
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved