Breaking News:

Ramadhan 2020

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, Selasa 19 Mei Wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020, Selasa (19/5/2020), untuk wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

ist
Ilustrasi: Jadwal Imsakiyah DI Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Jadwal Imsakiyah puasa Ramadhan 2020, Selasa (19/5/2020), khusus wilayah Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Hadis tentang Lailatul Qadar pernah diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Nasa’i, ketika Aisyah bertanya pada Rasulullah, apa yang harus diucapkannya ketika bertemu dengan malam Lailatul Qadar?

"Dari Aisyah ia berkata, “Aku bertanya, ‘Ya Rasulullah jika aku mengetahui bahwa malam itu adalah lailatul qadar, apa yang harus aku ucapkan di malam itu?”. Rasulullah bersabda, “Ucapkanlah: Allaahumma innaka ‘afuwwun karîm tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annî (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau mencintai pemaafan, maka maafkanlah aku)”. (HR. Tirmidzi, dan Nasa’i).

Hadis tentang Lailatul Qadar.
Hadis tentang Lailatul Qadar. (https://bimasislam.kemenag.go.id)

Tribunjogja.com melansir dari laman resmi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, hadis di atas berisi tentang tuntunan doa yang diamalkan di malam Lailatul Qadar.

Meskipun seseorang tidak tahu pasti kapan datangnya lailatul qadar, namun doa tersebut menjadi amalan penting kapanpun malam penuh kemuliaan itu datang.

Lailatul Qadar adalah malam yang didambakan umat muslim selama bulan Ramadan. Doa yang dianjurkan untuk dibaca saat malam yang lebih baik dari seribu bulan ini datang adalah:

Allaahumma innaka ‘afuwwun karîm tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annî

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha mulia, Engkau mencintai pemaafan, maka maafkanlah aku."

Pada laman Kementerian Agama dijelaskan bahwa kata “al-‘afwu” yang menjadi penting, sehingga Rasulullah SAW menganjurkan doa ini untuk dibaca saat malam Lailatul Qadar, yaitu:

1. Kalimat “Engkau Maha Pemaaf”menunjukkan arti Allah Maha menghapus segala dosa hamba-hamba-Nya dan menjauhkan mereka dari siksa akhirat.

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: Yoseph Hary W
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved